ANALISIS MATERI BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR TERBITAN GELORA AKSARA PRATAMA


Kholishotusy Syifa, 1401418067 (2022) ANALISIS MATERI BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR TERBITAN GELORA AKSARA PRATAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401418067 - Kholishotusy.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan buku yang dijadikan sebagai pedoman bagi pendidik dan peserta didik selama pembelajaran. Materi yang disajikan pada buku teks pelajaran harus berpedoman pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013. Berdasarkan wawancara dengan guru, diperoleh informasi bahwa guru belum pernah menganalisis buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013 yang Disempurnakan karya Gunanto dan Dhesy Adhalia terbitan Gelora Aksara Pratama Tahun 2016 secara rinci. Selain itu, penulis menemukan ketidaksesuaian matari dengan KI dan KD. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesesuaian materi pada buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013 yang Disempurnakan karya Gunanto dan Dhesy Adhalia dengan Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian materi pada buku teks pelajaran matematika dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, uraian rinci, dan auditing. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi yang terdapat pada buku teks pelajaran Matematika untuk SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013 yang Disempurnakan karya Gunanto dan Dhesy Adhalia ada yang sudah sesuai dengan Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 dan ada juga yang masih perlu diperbaiki. Pada Kompetensi Inti 3, yang perlu diperbaiki yaitu pada aspek kesesuaian materi dengan KD dalam KI-3, cakupan materi, dan keakuaratan materi. Pada Kompetensi Inti 4, yang perlu diperbaiki yaitu pada aspek kesesuaian materi dengan KD dalam KI-4, cakupan keterampilan, dan akuransi kegiatan. Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilakukan, penulis memberikan saran agar: (1) pendidik hendaknya menganalisis isi buku teks pelajaran terlebih dahulu sebelum digunakan agar kualitas materinya lebih terjamin; (2) pihak sekolah perlu mengadakan penyuluhan kepada pendidik mengenai analisis kelayakan isi buku teks pelajaran; (3) penulis buku hendaknya mengacu pada KI dan KD dalam menyajikan materi pada buku teks pelajaran sehingga materi yang disajikan sesuai tepat sasaran dan sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai peserta didik; (4) peneliti lanjutan hendaknya menganalisis buku teks pelajaran pada aspek dan buku yang berbeda sehingga terdapat keterbaruan pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Materi; Buku Teks; Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 12 Jan 2023 00:05
Last Modified: 12 Jan 2023 00:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54986

Actions (login required)

View Item View Item