ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP
Eky Sahila, 1401418054 (2022) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil wawancara dengan guru kelas IV SD Negeri Gegerkunci 02 Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes, menunjukkan bahwa SD Negeri Gegerkunci 02 Kecamatan Songgom, Kabupaten Brebes menggunakan instrumen penilaian autentik yang ada pada Buku Siswa Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup. Kualitas yang dimiliki instrumen tersebut belum diketahui, sebab guru belum menganalisis instrumen tersebut. Penelitian ini bertujuan menentukan kualitas penilaian autentik pada Buku Siswa Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah instrumen penilaian autentik yang terdapat pada Buku Siswa Kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis instrumen ranah kognitif dilakukan dengan cara menyesuaikan aspek materi, konstruksi, dan bahasa, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom. Analisis instrumen ranah afektif dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom. Analisis instrumen ranah psikomotor dilakukan dengan cara menyesuaikan kriteria penulisan instrumen serta distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi Dave. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas instrumen penilaian kognitif ditinjau dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa memiliki validitas isi berkategori tinggi, serta distribusi jenjang ranah kognitif taksonomi Bloom tidak merata; (2) Kualitas instrumen penilaian ranah afektif ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, serta distribusi jenjang ranah afektif taksonomi Bloom tidak merata; (3) Kualitas instrumen penilaian ranah psikomotor ditinjau dari kesesuaian format dan kriteria penulisan instrumen memiliki validitas isi berkategori sangat rendah, serta distribusi jenjang ranah psikomotor taksonomi Dave tidak merata. Simpulan penelitian ini yaitu instrumen penilaian autentik pada Buku Siswa Kelas IV SD/MI Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup memiliki kualitas yang kurang baik. Disarankan bagi guru, hendaknya menganalisis instrumen terlebih dahulu sebelum menggunakannya atau menyusun sendiri instrumen penilaian yang sesuai dengan panduan penulisan butir soal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis instrumen; penilaian autentik |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:55 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:55 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54979 |
Actions (login required)
View Item |