PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD IHSANIYAH GAJAH MADA KOTA TEGAL


Nazilatul Khikmah, 1401416175 (2022) PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SD IHSANIYAH GAJAH MADA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401416175 - Nazilatul Khikmah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi pedagogik berkaitan dengan manajemen kelas yang dilakukan pendidik, meliputi interaksi dengan peserta didik, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Pemerintah melalui surat edaran kemendikbud memberlakukan kebijakan pembelelajaran dalam jaringan (daring) untuk mencegah penyebaran virus corona. Perubahan pola pembelajaran tak lepas dari peran guru dan orang tua yang harus terbiasa dengan sistem pembelajaran digital atau online dengan terbatasnya akses teknologi pembelajaran dan beragam macam latar belakang peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam pemanfaatan media berbasis TIK pada pembelajaran daring di SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal. (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru saat memanfaatkan media berbasis TIK pada pembelajaran daring di SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan melakukan uji credibility, uji dependability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pemahaman terhadap peserta didik diperoleh melalui karakter peserta didik saat mengikuti video call pembelajaran dan mengerjakan soal evaluasi harian melalui aplikasi Zoom. (2) menggunakan RPP Merdeka Belajar dengan mengembangkan beberapa komponen seperti media pembelajaran, bahan ajar, dan jadwal pembelajaran. (3) pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan melalui aplikasi Zoom, siaran langsung radio RCA Ihsaniyah FM, dan video pembelajaran yang dibagikan di kanal youtube guru kelas. (4) evaluasi hasil pembelajaran dilakukan setiap hari sabtu melalui google form, yang dikerjakan dari rumah dengan tenggat waktu 24 jam dari hari sabtu sampai minggu pukul 09.00. (5) Sebagai tanda apresiasi hasil karya dan potensi lain yang dimiliki peserta didik dibagikan di kanal youtube guru kelas masing-masing. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini antara lain bagi guru, diharapkan guru dapat memgaktualisasikan serta meningkatkan kompetensi pedagogik yang telah dimilkinya, agar kualitas pembelajaran daring dengan pemanfaatan media berbasis TIK berjalan lebih optimal. Bagi sekolah dan Dinas Pendidikan hendaknya dapat menyelenggarakan pelatihan dan pengawasan bagi guru sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan penelitian di masa mendatang mengenai kompetensi pedagogik guru, pembelajaran daring maupun pemanfaatan media berbasis TIK

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik; Media Pembelajaran; Pembelajaran Daring
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:40
Last Modified: 10 Jan 2023 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54872

Actions (login required)

View Item View Item