PENGARUH KEPRIBADIAN HARDINESS TERHADAP OPTIMISME MASA DEPAN SISWA MAN 2 WONOSOBO
Akhmad Zahid, 1301418070 (2022) PENGARUH KEPRIBADIAN HARDINESS TERHADAP OPTIMISME MASA DEPAN SISWA MAN 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian hardiness terhadap optimisme masa depan pada siswa MAN 2 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII di MAN 2 Wonosobo yang berjumlah 421 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 201 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan skala kepribadian hardiness dan skala optimisme masa depan. Skala kepribadian hardiness berjumlah 33 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,407 hingga 0,763 dan reliabilitas 0,947 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Selanjutnya Skala optimisme masa depan berjumlah 21 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,303 hingga 0,824 dan reliabilitas 0,913 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Kepribadian hardiness berada pada kategori sedang (M=102,37; SD=7,33). Optimisme masa depan berada pada kategori tinggi (M=75,51; SD=9,05). Hasil uji regresi linear sederhana dapat diperoleh hasil yaitu β = -0,054, R2 0,002, p > 0,05 yang menunjukkan bahwa kepribadian hardiness tidak berpengaruh secara signifikan terhadap optimisme masa depan pada siswa MAN 2 Wonosobo. Kepribadian hardiness hanya memberikan kontribusi sebesar 2% terhadap optimisme masa depan siswa MAN 2 Wonosobo. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode yang berbeda yang dapat bertujuan untuk mengungkapkan hubungan kausalitas kepribadian hardiness terhadap optimisme masa depan. Bagi guru BK disarankan untuk memberikan layanan BK seperti pemberian layanan bimbingan kelas, konseling individu, ataupun konseling kelompok yang dapat membantu siswa untuk dapat meningkatkan kepribadian hardiness mereka. Mengingat siswa MAN 2 Wonosobo belum sepenuhnya memiliki kepribadian yang tangguh (kepribadian hardiness). Selain itu guru BK harus melaksanakan fungsi pemeliharan dan pengembangan agar sikap optimisme masa depan yang dimiliki oleh siswa dapat di pertahankan dan di kembangkan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian Hardiness, Optimisme masa depan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 02:28 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 02:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54866 |
Actions (login required)
View Item |