PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI YANG BERMUATAN NILAI NASIONALISME


Dwi Musthofa, 2101418109 (2022) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS BIOGRAFI YANG BERMUATAN NILAI NASIONALISME. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2101418109 - Dwi Musthofa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X khususnya pada materi teks biografi masih terdapat hambatan seperti keterbatasan bahan ajar, materi pembelajaran menulis teks biografi di sekolah yang masih belum lengkap dalam menunjang kegiatan pembelajaran, dan peserta didik yang masih terpaku pada contoh teks biografi yang ada di intenet. Adanya hambatan tersebut perlu dikembangkan bahan ajar yang lebih berinovasi agar materi mudah dipahami sesuai dengan situasi dan kebutuhan peserta didik. Pengembangan materi dapat diwujudkan dalam buku pengayaan. Melalui buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme, diharapkan peserta didik dapat menguasai konsep menulis teks biografi dan mampu berpikir kritis serta kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik terhadap buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme, (2) mendeskripsikan prinsip penyusunan buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme, (3) mendeskripsikan prototipe buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme, (4) mendeskripsikan hasil penilaian oleh dosen ahli terhadap prototipe buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme, dan (5) mendeskripsikan hasil perbaikan prototipe buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan pendidik. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan menulis teks biografi dan data hasil validasi. Sumber data diperoleh dari peserta didik dan pendidik. Sumber data berasal dari tiga sekolah SMK Negeri Jumantono, SMK Negeri Matesih, SMK Negeri Ngargoyoso. Analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme menunjukkan bahwa (1) berdasarkan hasil wawancara dan penyebaran angket menunjukan bahwa buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme dibutuhkan oleh pendidik dan peserta didik. (2) prinsip penyusunan buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme meliputi aspek materi atau isi buku, aspek penyajian materi, aspek bahasa dan keterbacaan, aspek grafika, dan aspek muatan nilai nasionalisme. (3) prototipe buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme terbagi menjadi tiga komponen yang meliputi bagian awal buku, bagian isi materi, bagian akhir buku pengayaan. (4) berdasarkan hasil dari validasi yang dilakukan dosen ahli terhadap buku pengayaan maka diperoleh hasil persentase sebesar 84,48% yang berarti buku pengayaan yang berjudul “Kreatif Menulis Teks Biografi Bermuatan Nilai Nasionalisme (disertai contoh teks biografi pahlawan nasional tahun 2020) sangat layak digunakan dengan rincian skor dalam aspek legalitas dan norma 87,5%, aspek materi 83,3%, aspek penyajian materi 85%, aspek bahasa dan keterbacaan mendapatka skor sebesar 78,13%, aspek grafika 85,42%, dan aspek muatan nilai nasionalisme 87,5%. (5) hasil perbaikan prototipe buku pengayaan meliputi penambahan halaman hak cipta, perbaikan penggunaan kata bahasa inggris, perbaikan penulisan materi pada rangkuman, perbaikan header dengan menghapus nama penulis dan nama bab, perlu memperbaiki penulisan dan penggunaan ejaan yang disesuaikan dengan PUEBI, penggunaan kalimat yang digunakan lebih diefektifkan agar mudah dipahami dan komunikatif, perbaikan gambar atau ilustrasi agar lebih menarik dan berkualitas pada saat dibaca. Saran yang direkomendasikan adalah (1) buku pengayaan hendaknya dapat dijadikan sebagai pendamping buku teks dalam pembelajaran menulis teks biografi, (2) buku pengayaan dapat digunakan oleh pendidik untuk memperkaya sumber informasi dan dapat dijadikan dalam menanamkan nilai nasionalisme pada peserta didik di kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat, dan (3) peneliti berharap supaya terdapat penelitian dan pengembangan bahan ajar lebih lanjut terkait buku pengayaan menulis teks biografi yang bermuatan nilai nasionalisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, menulis, teks biografi, nilai nasionalisme
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:44
Last Modified: 05 Jan 2023 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54672

Actions (login required)

View Item View Item