PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG


Ema Dwi Pratiwi, 1102417058 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102417058 - Ema Dwi Pratiwi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran elearning terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya motivasi belajar siswa yang disebabkan karena interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa kurang, pengelolaan pembelajaran kurang maksimal pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Muhammadiyah 1 Temanggung. Penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran yang diharapkan mengatasi permasalahan yang ada. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa dan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media e-learning terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan digolongkan pada penelitian assosiatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SMK Muhammadiyah 1 Temanggung. Teknik sampling menggunakan metode simple random sampling dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Hasil anlisis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara penggunaan media pembelajaran elearning dengan motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan koefisien regresinya memiliki nilai sebesar 0,194, artinya setiap penambahan 1 satuan penggunaan media pembelajaran e-learning (X) maka nilai motivasi belajar siswa (Y) akan meningkat sebesar 0,194. Kemudian memiliki nilai signifikansi 0,022 yaitu < nilai probabilitas 0,05, yang berarti variabel penggunaan media pembelajaran e-learning (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar (Y). Besarnya pengaruh variabel penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 0,081, berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi. Penggunaan media pembelajaran elearning di SMK Muhammadiyah 1 Temanggung meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat membantu pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien. Direkomendasikan umtuk lebih meningkatkan penggunaan media pembelajaran elearning supaya membantu dan memudahkan siswa untuk belajar sehingga motivasi belajar siswa akan meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, e-learning, motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 04 Jan 2023 02:38
Last Modified: 04 Jan 2023 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54620

Actions (login required)

View Item View Item