ANALISIS KELAYAKAN BAHAN AJAR BERDASARKAN ASPEK KELAYAKAN ISI DAN BAHASA MATERI TEKS NEGOSIASI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA


Arif Wicaksono, 2101417105 (2021) ANALISIS KELAYAKAN BAHAN AJAR BERDASARKAN ASPEK KELAYAKAN ISI DAN BAHASA MATERI TEKS NEGOSIASI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 21014171055 - Arif Wicaksono.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks menjadi salah satu bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. Buku teks dianggap sebagai buku pegangan pokok maupun pegangan pelengkap di berbagai jenjang pendidikan mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan tingkat tinggi. Tidak hanya menjadi buku pegangan peserta didik, buku teks juga menjadi buku pegangan guru dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik. Tersedianya sumber belajar yang sesuai dapat membantu pengajar dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran teks negosiasi tepatnya dalam kompetensi dasar pengetahuan 3.11 mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. Bahan ajar yang sesuai membuat tujuan pembelajaran yang telah diterapkan dapat tercapai. Oleh karena itu, sebaiknya pendidik dapat menggunakan bahan belajar yang dapat membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran sesuai kompetensi yang telah diterapkan. Namun, tidak semua buku teks layak digunakan dalam pembelajaran, oleh karena itu perlu adanya analisis lebih lanjut dan mendalam agar mengetahui kes isi dan bahasa teks negosiasi pada buku teks dan buku teks pendamping sebagai salah satu upaya sumber belajar yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimana kesesuaian isi materi teks negosiasi pada buku teks dan buku teks pendamping bahasa Indonesia kelas X SMA, (2) bagaimana kesesuaian bahasa materi teks negosiasi pada buku teks dan bku teks pendamping bahasa Indonesia kelas X SMA, (3) bagaimana kelayakan materi teks negosiasi pada buku teks dan buku teks pendamping bahasa Indonesia kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kesesuaian isi dan bahasa materi teks negosiasi pada buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA dengan memperhatikan kriteria pemilihan bahan ajar.Penelitian ini termasuk jenis kualitatif. Wujud data dalam penelitian berupa 5 buku teks dan buku teks pendamping, yang dianalisis berdasarkan kesesuaian isi dan bahasa materi teks negosiasi. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri atau human instrument. Peneliti sebagai human instrument memanfaatkan kartu data sebagai alat bantu dalam mencatat data�data penelitian. Data-data yang ditemukan kemudian menggunakan teknik analisis model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa 5 data yang telah dianalisis berdasarkan kelayakan isi dan kelayakan bahasa sebagai bahan ajar, hampir semua buku teks yang dianalisis sudah sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan hanya satu buku viii yang cukup untuk digunakan dalam pembelajaran yaitu buku teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X (Erlangga). Buku tersebut tidak sesuai dengan KD 3.11 Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan acuan bagi guru dalam memilih bahan ajar teks negosiasi, dan dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengkaji penelitian yang relevan dengan penelitian penulis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku teks, bahan ajar, teks negosiasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:14
Last Modified: 03 Jan 2023 07:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54584

Actions (login required)

View Item View Item