PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PETUALANGAN DIGITAL PADA LAYANAN BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 41 SEMARANG
Bagas Rizky Kurniawan, 1102415095 (2022) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI PETUALANGAN DIGITAL PADA LAYANAN BIMBINGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang tentang pengembangan game edukasi Petualangan Digital pada materi pengenalan perangkat keras komputer yang dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah pada layanan Bimbingan Tekologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan game edukasi Petualangan Digital, mengetahui kelayakan game edukasi Petualangan digital sebagai media pembelajaran pada layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan game edukasi Petualangan Digital dalam layanan Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan materi pengenalan perangkat keras komputer. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Research and Development. Model yang digunakan dalam pengembangan media adalah model ADDIE yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria kelayakan, tahap selanjutnya yaitu melakukan uji coba kepada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 41 Semarang dengan melibatkan 17 siswa. Data diperoleh dengan cara mengumpulkan angket, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game edukasi Petualangan digital mendapat skor keseluruhan 90% dari ahli media, 95% dari ahli materi, dan 89% dari hasil uji coba siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran game edukasi Petualangan Digital pada layanan Bimbingan Teknologi Infomasi dan Komunikasi untuk kelas VII SMP ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran. Peneliti berharap agar selanjutnya guru menggunakan media yang menarik agar proses pembelajaran lebih menarik sehingga suasana pembelajaran di dalam kelas lebih menyenangkan dan siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Game Edukasi, Layanan BTIK, Pengembangan, Role Playing Game |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 04:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 04:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54555 |
Actions (login required)
View Item |