Motivasi Belajar dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kondisi Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar


Murni, - and Fachrurrozie, FE Akuntansi (2022) Motivasi Belajar dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kondisi Ekonomi Orangtua terhadap Prestasi Belajar. Business and Accounting Education Journal, 3 (1). ISSN 2723-4487

[thumbnail of Motivasi Belajar dalam Memediasi Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya.pdf] PDF - Published Version
Download (301kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh langsung lingkungan teman sebaya dan kondisi ekonomi orangtua melalui motivasi belajar ter�hadap prestasi belajar akuntansi siswa. Populasi dalam penelitian siswa kelas 10 Akuntansi se Kabupaten Batang yang berjumlah 143 siswa. Data diambil dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. analisis jalur (path analysis), dan uji hipotesis yaitu uji t dan uji sobel (sobel test). Hasil penelitian menunjukan: (1) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signif�ikan terhadap prestasi belajar; (2) kondisi ekonomi orangtua tidak ber�pengaruh terhadap prestasi belajar, (3) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, (4) lingkungan teman sebaya ber�pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, (5) kondisi ekonomi orangtua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar, (6) ling�kungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi melalui motivasi belajar, dan (7) kondisi ekonomi orangtua tidak ber�pengaruh terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Accounting Learning Achieve�ment; Learning Motivation; Parents' Economic Conditions; Peer Environment.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:13
Last Modified: 03 Jan 2023 03:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54535

Actions (login required)

View Item View Item