PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKS GEGURITAN BERMUATAN NILAI SOSIAL BUDAYA PADA KELAS IX SMP NEGERI 4 DEMAK
Dina Rochmawati, 2601414033 (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKS GEGURITAN BERMUATAN NILAI SOSIAL BUDAYA PADA KELAS IX SMP NEGERI 4 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran geguritan di sekolah sering dirasakan sulit oleh siswa. Hal tersebut dikarenakan bahasa yang digunakan dalam geguritan susah dan terdengar asing di telinga siswa, ditambah lagi media geguritan yang digunakan kurang menarik. Berdasarkan observasi di sekolah SMP N 4 Demak, guru bahasa Jawa cenderung hanya menggunakan buku paket, LKS atau modul seadanya. Banyak siswa yang mengeluh dengan media pembelajaran tersebut karena kurang menarik. Buku yang selama ini digunakan kurang mengasah kreativitas siswa dalam belajar, serta materi yang digunakan masih kurang untuk pembelajaran menulis geguritan. Berdasarkan keterangan guru bahasa Jawa, bahwa belum terdapat buku yang secara khusus membahas tentang geguritan. Maka dari itu peneliti akan mengembangkan multimedia pembelajaran teks geguritan bermuatan nilai sosial budaya yang dapat membantu guru dan siswa dalam mempelajari geguritan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development). Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu 1) pengumpulan informasi masalah, 2) analisis kebutuhan, 3) desain awal produk, 4) uji ahli produk, dan 5) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, telaah dokumen, serta angket. Data kebutuhan terhadap multimedia teks geguritan dan data validasi ahli dianalisis secara kualitatif. Berdasar hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap media geguritan diperlukan adanya media yang khusus mempelajari geguritan, dari membaca geguritan, diskusi, sampai pada menulis geguritan. Prototipe multimedia pembelajaran teks geguritan kemudian diujikan kepada dosen ahli. Berdasarkan saran dari validator kemudian dilakukan perbaikan pada materi dan desain media. Hasil akhir dari media meliputi tampilan awal media pembelajaran, menu media pembelajaran, kompetensi dasar dan indikator kompetensi, materi teks geguritan, gladhen, dan menu profil. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah supaya guru memberikan inovasi pembelajaran baik dari materi, model pembelajaran, ataupun media pembelajarannya serta menggunakan media tersebut dalam pembelajaran geguritan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, multimedia, teks geguritan, sosial budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 07:11 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 07:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54506 |
Actions (login required)
View Item |