PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERPENDEKATAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINKING ABILITY PESERTA DIDIK


Izzatul Marifah, 4001417015 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL QUANTUM TEACHING BERPENDEKATAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN CREATIVE THINKING ABILITY PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417015 - Izzatul Marifah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang salah satu dari keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki agar peserta didik tidak mengalami ketertinggalan dan dapat beradaptasi dengan baik. Namun pada kenyataannya, masih banyak guru yang menerapkan metode pembelajaran secara konvensional dan tidak berfokus pada kemampuan berpikir kreatif. Pada hasil observasi yang telah dilakukan di MTs Assa’id Blado juga menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan belum berkonsentrasi pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik, baik dari cara mengajar, perangkat pembelajaran yang digunakan, hingga penilaian kemampuan peserta didik, sehingga mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya untuk memecahkannya. Model quantum teaching merupakan model pembelajaran yang di dalamnya terdapat proses pembelajaran yang menyenangkan, efektif dan efisien, berpikir rasional, peduli, kreatif, dan bersemangat. Selain model pembelajaran, pendekatan yang digunakan juga dapat mempengaruhi tercapainya aspek-aspek dalam tujuan pembelajaran. Brainstorming merupakan suatu pendekatan yang dapat membuat peserta didik mampu berpikir sekaligus menghasilkan ide-ide, baik ide baru, ide untuk memecahkan suatu masalah, maupun ide untuk memicu masalah yang baru, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Oleh karena itu, peneliti merancang desain perangkat pembelajaran dengan model quantum teaching berpendekatan brainstorming untuk meningkatkan creative thinking ability peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik dan validitas kelayakan perangkat pembelajaran model quantum teaching berpendekatan brainstorming untuk meningkatkan creative thinking ability peserta didik serta menganalisis kemampuan perangkat pembelajaran model quantum teaching berpendekatan brainstorming dalam meningkatkan creative thinking ability peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono (2014) yang termodifikasi menjadi beberapa tahapan yaitu identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid dan berdasarkan hasil pengerjaan soal pretest dan postest, indikator berpikir lancar memperoleh n�Gain sebesar 0,72, indikator berpikir luwes memperoleh n-Gain sebesar 0,73, indikator berpikir rinci memperoleh n-Gain sebesar 0,73, dan indikator berpikir orisinil memperoleh n-Gain sebesar 0,64. Hasil pengisian angket kemampuan berpikir kreatif pada indikator berpikir lancar memperoleh n-Gain sebesar 0,73, indikator berpikir luwes memperoleh n-Gain sebesar 0,77, indikator berpikir orisinil memperoleh n-Gain sebesar 0,76, dan indikator berpikir rinci memperoleh n-Gain sebesar 0,86. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Teaching, Pendekatan Brainstorming, Creative Thinking Ability.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:03
Last Modified: 30 Dec 2022 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54474

Actions (login required)

View Item View Item