PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010
Novia Dwi Tranwati , 2101405623 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MEDIA ANGKA SISWA KELAS X SMA DIAN KARTIKA SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010)
- Published Version
Download (879kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi melalui media angka pada siswa kelas X Semarang cukup baik namun belum memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh faktor intern dan ekstern, salah satunya berasal dari metode ataupun teknik yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi. Pemilihan metode dan teknik yang tepat sesuai dengan KTSP diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Salah satu upaya tersebut peneliti lakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang, yaitu dengan menggunakan media angka. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi setelah mengikuti pembelajaran melalui pemanfaatan media angka pada siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi setelah mengikuti pembelajaran melalui pemanfaatan media angka. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi melalui pemanfaatan media angka pada siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X SMA Dian Kartika Semarang dalam menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi setelah mengikuti pembelajaran melalui pemanfaata media angka. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap prasiklus, siklus I, dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dengan menggunakan media angka. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi dan media angka. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi melalui media angka . Dan teknik nontes berupa data perilaku siswa dari hasil observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi foto . Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan cara membandingkan hasil tes prasiklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi melalui pemanfaatan media angka. Nilai rata-rata kelas X pada tahap prasiklus sebesar 52,74 dan mengalami peningkatan sebesar 7,99% menjadi sebesar 60,73. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,70 dan mengalami peningkatan sebesar 8,97%Setelah menggunakan media angka juga terjadi perubahan tingkah laku siswa. Siswa yang sebelumnya merasa kurang antusias jadi lebih termotivasi terhadap pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi berdasarkan pengalaman pribadi melalui media angka. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan media angka pada pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi peneliti disarankan agar melakukan penelitian yang sama tetapi dengan menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang lain. Bagi mahasiswa yang menekuni bidang Bahasa Indonesia diharapkan melakukan penelitian di bidang menulis dari aspek yang lain, sehingga dapat menambah hasil penelitian yang bermakna bagi peneliti-peneliti berikutnya. Sekolah hendaknya bisa memberikan kondisi yang mendukung proses pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan menulis cerpen pengalaman pribadi, media angka. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 12 Oct 2011 01:37 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5442 |
Actions (login required)
View Item |