Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Melalui Pembelajaran Portofolio.


Ina Eka Sulistiyani, 3401401040 (2006) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Melalui Pembelajaran Portofolio. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Melalui Pembelajaran Portofolio.]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran PKn Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Melalui Pembelajaran Portofolio.) - Published Version
Download (557kB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ini telah merumuskan secara tegas mengenai dasar, fungsi, dan tujuan Pendidikan Nasional. Pasal 2 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang memuat dasar pendidikan nasional, yaitu berdasar Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedang fungsinya yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran anak sehingga prestasi belajar anak dapat meningkat melalui pendekatan portofolio. Metode penelitian ini ditempuh dengan empat siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perncanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Lokasi dan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang. Fokus yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan proses pembelajaran. Data dan sumber data untuk dianalisis dalam penelitian ini yaitu (1) Lembar pengamatan proses pembelajaran dan keaktifan siswa. (2) Tugas siswa. (3) Soal tertulis. (4) Angket awal dan akhir tentang proses pembelajaran melalui pembelajaran portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan proses pembelajaran dari siklus I sampai dengan siklus III dapat dilihat dari hasil angket yang diberikan sebelum dan setelah tindakan. Skor pengamatan yang diberikan oleh guru observer pada siklus I: 25,58; siklus II: 81,39; siklus III: 97,67. Skor pengamatan keaktifan siswa juga meningkat dari siklus I sampai siklus III. Hasil pengamatan salah seorang siswa sebagai kolaborator dan wawancara secara tertulis kepada guru kolaborator dan siswa juga menunjukkan adanya proses pembelajaran yang berlangsung kondusif. Peningkatan kedisiplinan siswa selama tindakan kelas dari siklus I sampai dengan siklus III dapat dilihat dari hasil angket, sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan. Kedisiplinan siswa dengan tugas portofolio yang dikumpulkan sangat kreatif dan semua mengumpulkan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I, II, dan III mengalami peningkatan yang sangat signifikan sehingga sangat berpengaruh pada nilai akhir yang didapat oleh siswa. Saran yang dapat diajukan adalah sebagai berikut: (1) Guru hendaknya membuat model pembelajaran di kelas dengan kreatif melalui pembelajaran portofolio ini, sehingga dapat dijadikan modifikasi dalam pembelajaran. (2) Guru dapat memanfaatkan pendekatan portofolio untuk diterapkan pada materi yang lain, karena pembelajaran yang bertumpu pada masalah, sehingga lebih menarik dan menantang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas belajar, Portofolio
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Mar 2011 07:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item