PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA ( Studi pada Karyawan PT. BPR BKK JEPARA (Perseroda) )
Widiyarta Agung Dwi Saputra, 7311417129 (2021) PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA ( Studi pada Karyawan PT. BPR BKK JEPARA (Perseroda) ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI DAN LEARNING ORGANIZATION PADA KINERJA MELALUI KEPUASAN KERJA ( Studi pada Karyawan PT. BPR BKK JEPARA (Perseroda) ))
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kinerja merupakan hasil kerja atau output yang dihasilkan oleh karyawan ketika melaksanakan tugas-tugasnya yang dilakukan secara tanggung jawan guna pencapaian tujuan organisasi. Kinerja dapat diukur melalui kehadiran karyawan maupun seberapa efektif dan efisien karyawan dalam menyelesaikan perkerjaan. Kinerja dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti persepsi dukungan organisasi, learning organization, dan kepuasan kerja. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh persepsijdukungannorganisasikdanblearningnorganizationkpadakkinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT. BPR BKK Jepara (Perseroda). Teknik pengambilan sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh dengan menggunakan seluruh populasi menjadi sampel sebesar 128 karyawan PT. BPR BKK Jepara (Perseroda). Metode pengumpulan data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan progam SmartPLS 3.0. Hasil pengujian pengaruh langsung menunjukkan bahwa persepsi dukungan organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja namun berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja. Di sisi lain, Learning organization berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja dan kepuasan kerja. Kemudian untuk pengujian pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan dalam memediasi pengaruh persepsi dukunganiorganisasiodanvlearningoorganizationopadaokinerja. Simpulan dari penelitian ini yaitu learning organization berperan penting untuk meningkatkan kinerja dan kepuasan kerja. Akan tetapi, persepsi dukungan organisasi tidak berperan dalam meningkatkan kinerja namun berperan penting dalam meningkatkan kepuasan kerja. Selain itu kepuasan kerja berperan penting dalam meningkatkan kinerja serta dapat memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi dan learning organization pada kinerja. Saran teoritis untuk penelitian selanjutnya agar mencari sampel yang spesifik ataupun memperluas sampel di sektor lain seperti ASN, perawat dan guru. Kemudian saran praktis untuk PT. BPR BKK Jepara (perseroda) untuk melakukan pengembangan pasar lalu melakukan pemetaan wilayah segmentasi pasar, membuat action plan pencapaian target, serta melakukan evaluasi kembali terkait dengan kinerja dan penyimpangan karyawan. Kemudian mengembangkan sistem untuk mempermudah setiap cabang PT. BPR BKK Jepara (Perseroda) mengumpulkan laporan
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Dukungan Organisasi, Learning Organization, Kepuasan Kerja, Kinerja |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 02:36 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 02:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54134 |
Actions (login required)
View Item |