Pengembangan Mobile Learning berbasis Audio Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SMK N 8 Semarang Tahun 2011


Mampe Siahaan , 1102407018 (2011) Pengembangan Mobile Learning berbasis Audio Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SMK N 8 Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Mobile Learning berbasis Audio Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SMK N 8 Semarang Tahun 2011]
Preview
PDF (Pengembangan Mobile Learning berbasis Audio Sebagai Alternatif Model Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SMK N 8 Semarang Tahun 2011) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang begitu pesat telah mempengaruhi penggunaan berbagai jenis media dalam proses pembelajaran. Media tersebut telah banyak bermunculan, yakni dengan Mobile Learning. Istilah Mobile Learning mengacu pada penggunaan perangkat teknologi informasi genggam dan bergerak seperti Handphone untuk pengajaran dan pembelajaran. Mobile Learning adalah pembelajaran yang unik karena pembelajar dapat mempelajari materi pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Dalam penelitian ini, dibahas mengenai Mobile Learning sebagai alternatif model pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Audition 3.0. Adobe Audition dapat menghasilkan audio file dan membuat komposisi audio sesuai kebutuhan pembelajaran. Desain pembelajaran ini dibuat interaktif melalui cara penyampaiannya. Media pembelajaran tersebut dikemas ke dalam handphone. Pembelajaran di SMK Negeri 8 Semarang Jurusan Multimedia masih banyak menggunakan metode yang konvensional dan kurangnya pemanfaatan TIK meskipun sudah ditunjang dengan beberapa media lain. Selain itu juga muncul kendala bilamana guru berhalangan hadir atau ada kegiatan penting yang mengharuskan meninggalkan pengajaran. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Mobile Learning berbasis Audio diterapkan di SMK Negeri 8 Semarang Jurusan Multimedia dan kesiapan para guru serta siswanya terhadap produk Mobile Learning berbasis Audio. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan media Mobile Learning berbasis Audio sebagai alternatif model pembelajaran di Jurusan Multimedia SMK N 8 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan yang dipaparkan oleh Haryono (1987: 5) yaitu: analisis kebutuhan, pembuatan desain, penyusunan naskah, produksi program, uji coba, evaluasi program, revisi, hingga program selesai. Uji coba produk dilakukan kepada guru dan siswa jurusan Multimedia. Sebelumnya dilakukan kajian dari pakar materi dan pakar media terhadap produk. Peneliti memberikan produk Mobile Learning kepada siswa, untuk selanjutnya dipelajari oleh siswa. Siswa dapat mempelajari produk Mobile Learning dimanapun dan kapanpun. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk Mobile Learning berbasis Audio yang telah dikembangkan dapat dikatakan sudah baik. Mulai dari materi, interaktifitas penyampaian dan soal latihan yang tersedia sudah memenuhi kriteria sebuah media pembelajaran yang baik. Penerapan model pembelajaran dengan menggunakan Mobile Learning berbasis Audio, dapat diterapkan disaat model pembelajaran lain tidak berjalan efektif ataupun juga disaat guru berhalangan hadir atau ada kegiatan penting lainnya sehingga mengharuskan untuk meninggalkan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Mobile Learning berbasis Audio, Audio, Alternatif Model Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2011 00:42
Last Modified: 25 Apr 2015 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5413

Actions (login required)

View Item View Item