IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK GUNA MENGHINDARI TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SMP N 33 SEMARANG


Hanum Muftiani, 3301417013 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK GUNA MENGHINDARI TINDAK KEKERASAN TERHADAP ANAK DI SMP N 33 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301417013 - Hanum Muftiani(V).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi karena pendidikan menentukan tinggi rendahnya kualitas sumber daya manusia. Berbagai upaya dilakukan agar system pendidikan dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, salah satunya adalah program sekolah ramah anak. Program ini merupakan salah satu cara untuk mensejahterakan anak yaitu membebaskan anak dari tindakan diskriminasi dan bullying. Dengan program tersebut diharapkan anak dapat berkembang potensinya secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) upaya sekolah untuk menghindari tindak kekerasan terhadap anak; (2) respon siswa terhadap program tersebut; dan (3) hambatan yang dialami sekolah dalam upaya menghindari tindak kekerasan terhadap anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Terdapat dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Alat untuk mengumpulkan data adalah berupa pedoman wawancara, panduan studi dokumentasi dan observasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilaksanakan SMP Negeri 33 Semarang untuk menghindari tindak kekerasan anak sebagai sekolah ramah anak adalah dengan adanya ikon Agen perubahan, citra sekolahku rumah keduaku, dan upayanya dalam memenuhi komponen sekolah ramah anak. Sedangkan respon dari siswa terhadap upaya yang dilaksanakan sekolah adalah mereka merasa nyaman dan aman serta terhindar dari tindak kekerasan bullying. Hal tersebut didukung dengan adanya partisispasi secara aktif dari anggota agen perubahan dan para siswa dalam melaksanakan program yang diselenggarakan. Meskipun masih terdapat beberapa siswa yang pasif. Dalam pelaksanaan program sekolah ramah anak terdapat beberapa hambatan yaitu belum meratanya sosialisasi terhadap pendidik terkait pembelajaran yang ramah anak serta kurangnya partisipasi warga sekolah terhadap program yang dilaksanakan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah hendaknya sekolah meningkatkan sosialaisasi atau pelatihan terhadap pendidik terkait pembelajaran yang ramah anak dan meningkatkan partisipasi warga sekolah terhadap program yang dilaksnakan untuk menghindari tindak kekerasan terhdap anak sebagai bagian dari sekolah ramah anak

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sekolah Ramah Anak, Anti Bullying
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 12 Dec 2022 03:34
Last Modified: 12 Dec 2022 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54073

Actions (login required)

View Item View Item