Pembelajaran Materi Arthropoda Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Di Pantai Kartini Pada Kelas X SMA N 1 Jepara


Nur Zubaidah , 4401407066 (2011) Pembelajaran Materi Arthropoda Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Di Pantai Kartini Pada Kelas X SMA N 1 Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Materi Arthropoda Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Di Pantai Kartini Pada Kelas X SMA N 1 Jepara]
Preview
PDF (Pembelajaran Materi Arthropoda Dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Di Pantai Kartini Pada Kelas X SMA N 1 Jepara) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi yang berlangsung di SMA N 1 Jepara kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru, sehingga aktivitas siswa belum optimal. Hasil belajar yang dicapai siswa juga masih rendah karena berdasarkan hasil Ulangan Semester Gasal Tahun 2010/2011, jumlah siswa yang tidak mencapai KKM 75 yaitu 42,95%. Hal ini terjadi karena lebih banyak kegiatan pembelajaran di dalam kelas dan kurang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Pembelajaran di SMA Negeri 1 Jepara dapat dioptimalkan dengan menggunakan model investigasi kelompok di Pantai Kartini, sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, siswa menjadi aktif, melatih siswa untuk berpikir kritis dan dapat memecahkan masalah serta hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran materi Arthropoda dengan menggunakan model investigasi kelompok di Pantai Kartini dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen menggunakan rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA N 1 Jepara. Sampel penelitian yaitu kelas X-3 dan X-6 diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa pembelajaran investigasi kelompok, sedangkan variabel terikat berupa aktivitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Jepara kelas X Semester Genap. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa kelas X-3 yang aktif dan sangat aktif adalah 94,5%, sedangkan untuk kelas X-6 mencapai 88,9%. Hasil belajar menunjukkan � 75 % siswa tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal 75. Ketuntasan klasikal untuk kelas X-3 adalah 91,7 % dan kelas X-6 adalah 88,9%. Tanggapan siswa kelas X-3 dan X-6 terhadap pembelajaran dengan kriteria baik dan sangat baik sebesar 94,5% dan 91,7% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Jepara dalam pembelajaran materi Arthropoda dapat dioptimalkan dengan menggunakan model investigasi kelompok di Pantai Kartini, dan disarankan guru perlu pengelolaan waktu dengan baik untuk pelaksanaan pembelajaran serta mengajak guru lain sebagai pendamping guna membantu mengawasi aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Materi Arthropoda, Model Investigasi Kelompok, Pantai Kartini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 12 Oct 2011 00:27
Last Modified: 25 Apr 2015 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item