PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KREATIVITAS DENGAN KEYAKINAN DIRI UNTUK KREATIF (CREATIVE SELF-EFFICACY) SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI SELAMA MASA PANDEMI (Studi pada Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman)
Nurhasiyah, 7311417042 (2021) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KREATIVITAS DENGAN KEYAKINAN DIRI UNTUK KREATIF (CREATIVE SELF-EFFICACY) SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI SELAMA MASA PANDEMI (Studi pada Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL PADA KREATIVITAS DENGAN KEYAKINAN DIRI UNTUK KREATIF (CREATIVE SELF-EFFICACY) SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI SELAMA MASA PANDEMI (Studi pada Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padan)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kreativitas merupakan merupakan kemampuan individu untuk menciptakan ide-ide atau gagasan-gagasan baru yang memiliki nilai guna untuk peningkatan dan keberlanjutan sebuah organisasi yang dapat berupa produk, layanan, proses dan prosedur. Kreativitas dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepemimpinan transformasionan dan keyakinan diri untuk kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi keyakinan diri untuk kreatif dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional pada kreativitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru Sekolah Menengah Tingkat Atas di Kecamatan Lubuk Alung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 135 guru. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis berupa SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kreativitas guru, kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan pada keyakinan diri untuk kreatif, keyakinan diri untuk kreatif berpengaruh positif namun tidak signfikan pada kreativitas dan keyakinan diri untuk kreatif berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap pengaruh kepemimpinan transformasional pada kreativitas. Artinya keyakinan diri untuk kreatif tidak cukup kuat memediasi pengaruh antara kepemimpinan transformasional pada kreativitas guru. Simpulan pada penelitian yaitu kepemimpinan transformasional dapat meningkatkan kreativitas guru secara langsung, namun tidak melalui mediasi keyakinan diri untuk kreatif. Kepemimpinan transformasional juga dapat meningkatkan keyakinan diri untuk kreatif guru di sekolah, akan tetapai keyakinan diri untuk kreatif yang dirasakan belum mampu meningkatkan kreativitas guru. Berdasarkan kesimpulan yang ada, penulis menyarankan agar kepala sekolah dapat lebih memotivasi para guru untuk meningkatkan kreativitas yaitu dengan mengadakan pelatihan-pelatihan pengembangan diri dan seminar-seminar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Transformasional, Kreativitas, Keyakinan Diri Untuk Kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 01:35 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 01:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/54064 |
Actions (login required)
View Item |