Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.
Meryna Cardina, 3301401043 (2005) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.)
- Published Version
Download (408kB) | Preview |
Abstract
Dalam memilih suatu prodi ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh mahasiswa, salah satunya adalah prestasi belajar dan dunia kerja. Namun, keberadaan argumen ini perlu dibuktikan melalui kegiatan penelitian agar dapat diperoleh jawaban yang akurat. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasisiwa Jurusan Ekonomi memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIS UNNES Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran angkatan tahun 2001-2004 yang berjumlah 189 mahasiswa. Pengambilan sampel yang berjumlah 130 mahasiswa dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Dalam penelitian ini variabel tidak dikelompokan menjadi variabel bebas dan variabel terikat, sebaliknya sebagai penggantinya seluruh set hubungan interdependent antar variabel diteliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 8 (delapan) faktor yang mempengaruhi pemilihan Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran yaitu : (1) bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yang dimiliki, keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikan terhadap mata kuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikan terhadap suatu pekerjaan, (2) dunia kerja dengan indikator antara lain status sosial yang diharapkan, gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masa depan, mata kuliah yang diberikan, peluang kerja yang diharapkan (3) sarana dan prasarana dengan indikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratorium yang dimiliki, jumlah peralatan yang dimiliki (4) lingkungan sosial dengan indikator antara lain pandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yang memilih suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu pekerjaan (5) kapasitas prodi dengan indikator antara lain daya tampung prodi, jumlah peminat, (6) motivasi belajar dengan indikator antara lain penetapan pilihan prodi, cita-cita yang dimiliki, semangat belajar, (7) mata kuliah dengan indikator antara lain tingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah, (8) proses pekuliahan dengan indikator antara lain kondisi perkuliahan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 8 (delapan) faktor baru yang terbentuk dari berbagai item/indikator pemilihan prodi yaitu : (1) bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yang dimiliki, keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikan terhadap mata kuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikan terhadap suatu pekerjaan, (2) dunia kerja dengan indikator antara lain status sosial yang diharapkan, gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masa depan, mata kuliah yang diberikan, peluang kerja yang diharapkan (3) sarana dan prasarana dengan indikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratorium yang dimiliki, jumlah peralatan yang dimiliki (4) lingkungan sosial dengan indikator antara lain pandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yang memilih suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu pekerjaan (5) kapasitas prodi dengan indikator antara lain daya tampung prodi, jumlah peminat, (6) motivasi belajar dengan indikator antara lain penetapan pilihan prodi, cita-cita yang dimiliki, semangat belajar, (7) mata kuliah dengan indikator antara lain tingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah, (8) proses pekuliahan dengan indikator antara lain kondisi perkuliahan. Faktor yang memiliki kontribusi atau sumbangan terbesar terhadap keputusan untuk memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran adalah faktor bakat dan minat dengan kontribusi sebesar 26,324% Dengan hasil penelitian ini diharapkan pada pihak Jurusan Ekonomi untuk menambah sarana dan prasarana yang ada, baik dari segi mutu maupun jumlahnya demi untuk mempersiapkan mahasiswa di dunia kerja nanti. Bagi mahasiswa, sebelum memutuskan pilihan terhadap suatu prodi hendaknya perlu dipertimbangkan sebaikbaiknya. Pilihlah prodi yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan dan yang menjanjikan peluang kerja dan prospek karir yang bagus di kemudian hari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemilihan, Prodi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 29 Mar 2011 07:34 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
View Item |