Pembelajaran Fisika Berbantuan Alat Peraga Proyektor Smartphone untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Optik pada Siswa SMP
Sulhadi, dkk (2018) Pembelajaran Fisika Berbantuan Alat Peraga Proyektor Smartphone untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Optik pada Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 7 (1). pp. 74-80. ISSN 2252-6935
PDF
Download (772kB) |
Abstract
Perangkat alat peraga yang dikembangkan adalah proyektor smartphone yang dilengkapi LKS. Alat peraga proyektor smartphone dari bahan sederhana dan mudah ditemukan berupa bohlam berisi air yang sistem kerjanya menyerupai lensa cembung sehingga dapat menghasilkan sifat bayangan nyata, terbalik, dan diperbesar. LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai pelengkap berisi petunjuk alat peraga, ulasan materi, dan soal evaluasi. Hasil uji kelayakan perangkat praktikum termasuk dalam kriteria sangat tinggi dengan persentase 87,64%. Research and Development berbentuk Pretest and Postest One Group Design dilaksanakan untuk uji coba responden. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Juwana. Analisis uji efektivitas dilakukan dengan uji N-Gain <g> dan angket respon siswa. Hasil validasi oleh validator untuk proyektor smartphone yang dilengkapi LKS menunjukkan skor rata-rata 87,64%, sehingga perangkat alat peraga dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Analisis uji N-Gain menunjukkan hasil pretest-postest tergolong dalam kriteria sedang dengan nilai <g> sebesar 0,589 dan ketuntasan klasikal 82,35% yang tergolong tinggi. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan nilai sebesar 78,76 dengan kriteria positif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | device props, simple materials, smartphone, projector, convex lens, Research and Development, understanding the concept. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > FISIKA |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 02:11 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 02:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53753 |
Actions (login required)
View Item |