ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI TES DIAGNOSTIK MODEL TWO-TIER PADA MATERI ASAM-BASA
Endang Susilaningsih, - (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI TES DIAGNOSTIK MODEL TWO-TIER PADA MATERI ASAM-BASA. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3 (3). pp. 160-170. ISSN 2503-4146
PDF
Download (675kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyusun instrumen tes diagnostik model two-tier multiple choice dengan computer-based test. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Ungaran. Penelitian didesain dengan langkah-langkah mulai dari pemilihan materi yang sulit dipahami, menyusun kisi-kisi soal, desain tes diagnostik dengan model two-tier, desain web, uji coba, analisis data uji coba, tes diagnostik, wawancara, dan analisis pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data uji coba instrumen tes valid dan reliabel. Hasil analisis pemahaman konsep asam-basa peserta didik menunjukkan 9 dari 35 peserta didik (26,86%) paham konsep secara utuh, 4 dari 35 peserta didik (8,43%) miskonsepsi, 1 dari 35 peserta didik (3,71%) menebak, 12 dari 35 peserta didik (34,86%) kurang paham konsep, dan 9 dari 35 peserta didik (26,14%) tidak paham konsep Asam-Basa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah instrumen tes diagnostik two-tier dengan computer-based test dapat digunakan untuk analisis pemahaman konsep asam-basa peserta didik dengan cara interpretasi kombinasi jawaban peserta didik dengan kategori paham konsep, miskonsepsi, menebak, kurang paham konsep, dan tidak paham konsep.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model two-tier, pemahaman konsep, tes diagnostik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 03:25 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 03:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53550 |
Actions (login required)
View Item |