KEEFEKTIFAN SELF AND PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA
Endang Susilaningsih, - (2018) KEEFEKTIFAN SELF AND PEER ASSESSMENT PADA PRAKTIKUM KIMIA TERHADAP AKTIVITAS MAHASISWA. Chemistry in Education, 7 (1). pp. 1-8. ISSN 2252-6609
PDF
Download (421kB) |
Abstract
Proses pembelajaran tidak hanya selalu berlangsung dalam sebuah institusi. Oleh karena itu peserta didik perlu dibekali dengan keterampilan untuk menguji diri sendiri tentang apa yang harus diketahui dan sudah diketahui agar mampu beradaptasi dalam tempat belajar baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan self and peer assessment pada praktikum kimia terhadap aktivitas mahasiswa Unnes dan mengetahui hasil penelitian apakah setara dengan teacher assessment. Desain penelitian menggunakan one–shot case study. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan rombel 3 prodi pendidikan kimia sebagai kelas eksperimen dan rombel 2 prodi kimia sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan menggunakan statistik student diketahui nilai thitung sebesar 2,63 lebih besar dari t0,95(65) sebesar 1,67 yang berarti penerapan self and peer assessment lebih efektif untuk diterapkan pada praktikum kimia dasar materi titrasi daripada hanya diterapkan self assessment. Setelah dianalisis lebih lanjut menggunakan anava dua jalan dilanjut pasca anava dengan nilai Famatan sebesar 0,44, paling kecil diantara perbandingan yang lain diketahui bahwa teknik penilaian self and peer assessment sama secara signifikan dengan teacher assessment sebagai reliabel accessor pada kategori aktivitas praktikum tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas; praktikum kimia; teknik penilaian self and peer assessment |
Subjects: | L Education > L Education (General) > learning activity |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 04:04 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 04:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53448 |
Actions (login required)
View Item |