(ABSTRAK) PEMBELAJARAN ELECTONE UNTUK ANAK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG


Heru Nugroho , 2501403073 (2010) (ABSTRAK) PEMBELAJARAN ELECTONE UNTUK ANAK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PEMBELAJARAN ELECTONE UNTUK ANAK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PEMBELAJARAN ELECTONE UNTUK ANAK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG) - Published Version
Download (112kB) | Preview

Abstract

Pendidikan non formal adalah pendidikan yang terorganisasi di luar sistem sekolah, baik yang diselenggarakan secara terpisah maupun terpadu untuk kegiatan-kegiatan yang amat penting dalam rangka untuk melayani warga belajar. Dalam hal ini penulis mengambil judul tentang pembelajaran karena setidaknya dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman untuk bekal kelak sebagai tenaga pendidik dalam banyak hal yang berkaitan tentang pembelajaran dengan tujuan mengembangkan pengetahuan anak didik agar terjadi perubahan sehingga nantinya dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran electone anak dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajarannya di Lily’s Music School Semarang? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang PEMBELAJARAN ELECTONE UNTUK ANAK DI LILY’S MUSIC SCHOOL SEMARANG. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya. keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yang dimulai dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian dinyatakan bahwa dalam pembelajaran electone untuk anak di Lily’s Music School menyesuaikan komponen pembelajaran yaitu, kurikulum, tujuan, materi pembelajaran, metode pembelajaran dan evaluasinya diadakan setiap setahun sekali serta mempunyai faktor penghambat dan faktor pendukung berupa faktor eksternal dan internal. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam proses pembelajarannya menggunakan komponen pembelajaran dengan sistem privat dan group dilaksanakan 4 kali dalam 1 bulan durasi 45 menit/pertemuan, serta beberapa faktor eksternal dan internal, saran dari penulis agar lebih diperhatikan mengenai kurikulum dan materi pembelajaran karena ada beberapa materi yang belum masuk dalam kurikulum, selain itu juga harus sering diadakan konser sebagai promosi agar masyarakat tahu tentang keberadaan Lily’s music school Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ellectone
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 02:05
Last Modified: 05 Oct 2011 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item