DAYA SAING CENGKEH INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR CENGKEH INDONESIA


Erma, 7111417015 (2021) DAYA SAING CENGKEH INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR CENGKEH INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DAYA SAING CENGKEH INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR CENGKEH INDONESIA] PDF (DAYA SAING CENGKEH INDONESIA DI PASAR INTERNASIONAL DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR CENGKEH INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya kekayaan alam yang berlimpah, sumber ini dapat berpotensi besar untuk dapat meningkatkan jumlah penerimaan devisa yang berasal dari perolehan hasil ekspor pada berbagai komoditas pertanian. Dalam sektor pertanian yang memiliki beberapa jumlah subsektor diantaranya tanaman pangan, tanaman holtikultura, tanaman perkebunan, peternakan, kehutanan dan penebangan kayu serta perikanan merupakan subsektor yang memiliki kontribusi terbesar pasa sektor pertanian. Subsektor tanaman perkebunan rakyat yang masuk kedalam kegiatan ekspor ini meliputi cengkeh, kakao, kelapa, kopi, karet, kelapa sawit dan teh. Negara Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan produsen cengkeh tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing cengkeh indonesia di pasar internasional dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh indonesia. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan RCA (Revealed Comparative Advantage), RSCA (Revealed Symmetric Comparative Advantage), dan ISP (Indeks Spesialisasi Perdagangan) analisis tersebut digunakan untuk menunetukkan daya saing komoditas cengkeh Indonesia. Sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor menggunakan analisis regresi berganda dengan alat bantu aplikasi EViews. Hasil penelitian menunjukan daya saing cengkeh Indonesia di pasar Internasional yang dibandingkan dengan 10 negara produsen cengkeh, negara Indonesia memiliki daya saiya saing tinggi akan tetapi untuk kuantitas dalam mengekspor negara Indonesia masih kalah dengan Negara Madagaskar, Tanzania, Komoro, dan Sri Lanka. Sedangkan analisis ISP negara Indonesia disetiap tahunnya memiliki kecenderungan yang berbeda-beda. Yang pada t ahun terakhir yakni 2015-2019, Indonesia masuk dalam 4 kategori tahapan yakni pengenalan, substitusi impor, pertumbuhan dan kematangan. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor cengkeh, variabel luas lahan tidak berpengaruh signifikan bersifat positif, variabel harga domestik berpengaruh signifikan bersifat negatif, variabel nilai tukar berpengaruh signifikan dan bersifat positif dan variabel produksi tidak berpengaruh signifikan bersifat positif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, Ekspor, Cengkeh
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 18 Nov 2022 03:48
Last Modified: 18 Nov 2022 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53215

Actions (login required)

View Item View Item