Prospective Science Teachers Skills in Exploring Reference Sources of Scientific Articles through Science Education Research Methodology Course


Parmin, - and Erna Noor Savitri, FMIPA Pendidikan IPA (2022) Prospective Science Teachers Skills in Exploring Reference Sources of Scientific Articles through Science Education Research Methodology Course. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11 (3). pp. 382-387. ISSN 2303-288X

[thumbnail of Prospective Science Teachers Skills in Exploring Reference Sources of Scientific Articles.pdf] PDF - Published Version
Download (293kB)
[thumbnail of Turnitin Prospective Science Teachers Skills in Exploring Reference Sources of Scientific Articles.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Proposal penelitian oleh mahasiswa calon guru sains masih lemah pada sumber rujukan karena sitasi dari jurnal nasional atau internasional masih kurang. Kelemahan utama berasal dari sumber referensi yang dirujuk dan cara mengutip. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan calon guru sains dalam mengeksplorasi sumber referensi artikel ilmiah. Keterampilan eksplorasi dalam penelitian ini dibatasi sampai menyusun kajian teori proposal skripsi. Penelitian ini menggunakan mixed methods. Data kuantitatif diperoleh dari nilai proposal penelitian yang disusun 34 mahasiswa sebagai sasaran penelitian, sedangkan data kualitatif dari analisis sumber referensi pada proposal penelitian. Setiap mahasiswa menyusun satu proposal sehingga ada 34 proposal penelitian yang diteliti. Dari hasil penilaian proposal, calon guru sains masih lemah dalam menggunakan referensi yang memenuhi kriteria >80% dari jurnal dan tahun terbitan referensi yang memenuhi kriteria >80% terbitan 10 tahun terakhir. Simpulan penelitian adalah pembelajaran yang membekali calon guru dalam menyusun proposal penelitian memerlukan peninjauan kurikulum. Mahasiswa membutuhkan pengetahuan tentang referensi secara lebih dalam, mulai dari mengenal jurnal, memilih artikel, mencari temuan di dalam artikel, mengutip, sampai menyusun daftar pustaka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Exploration, Article, Prospective Science Teacher
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:25
Last Modified: 16 Nov 2022 03:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/53135

Actions (login required)

View Item View Item