PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA TUNAGRAHITA SLB SE KOTA SEMARANG


Harinda Fahmi, 6101417072 (2021) PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA TUNAGRAHITA SLB SE KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417072 - Harinda Fahmi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan jasmani bagi anak berkebutuhan khusus untuk anak tunagrahita. Pendidikan tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak normal saja, tetapi juga bagi anak yang mempunyai keterbatasan. Adanya pendidikan jasmani adaptif akan membantu dalam proses pembelajaran khususnya pada aspek penilaian hasil pembelajaran siswa. Berkaitan dengan pendidikan jasmani adaptif, siswa yang memiliki keterbatasan juga punya hak sama dalam memperoleh pendidikan dan pembelajaran disetiap jenjang pendidikan. Penilaian hasil pembelajaran tentunya menjadi faktor terpenting untuk mengetahui sejauh mana potensi yang dimiliki siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran penjas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada siswa tunagrahita SLB Se Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan penilaian hasil pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa tunagrahita SLB Se Kota Semarang meliputi penilaian Kognitif, Afektif, dan Psikomotor. Penilaian dari aspek kognitif diberikan berdasarkan kemampuan pengetahuan setiap siswa. Penilaian dari aspek afektif diberikan berdasarkan kemampuan dan karakter setiap siswa. Penilaian dari aspek psikomotor diberikan berdasarkan kemampuan keterampilan dari masing-masing siswa. Kesimpulannya adalah pelaksananan penilaian hasil pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa tuna grahita SLB Se Kota Semarang sudah terlaksana dengan baik sesuai prosedur penilaian dan sudah melaksanakan penilaian dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Dan saran yang diberikan yaitu adanya guru dengan basic pendidikan jasmani, diharapkan sekolah menetapkan indikator penilaian secara tertulis dan penambahan tenaga pendidik khusus pendidikan jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Hasil Pembelajaran, Pendidikan jasmani, Anak Tuna Grahita
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:22
Last Modified: 14 Nov 2022 06:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52965

Actions (login required)

View Item View Item