PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI DUNIA KERJA, DAN KEAKTIFAN DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021


Bella Anggi Safitri, 7101417217 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI DUNIA KERJA, DAN KEAKTIFAN DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI DUNIA KERJA, DAN KEAKTIFAN DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, INFORMASI DUNIA KERJA, DAN KEAKTIFAN DALAM EKSTRAKURIKULER TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK PALEBON SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesiapan kerja merupakan kemauan dan kemampuan seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk mencapai tujuan sehingga mempunyai perubahan kehidupan yang lebih baik di masa depan. SMK memiliki tanggung jawab untuk menghasilkan lulusan yang siap bekerja karena telah dibekali pengetahuan dan keterampilan sehingga diharapkan dapat mengurangi jumlah pengangguran. Hasil observasi awal di SMK Palebon Semarang diperoleh data bahwa kesiapan kerja siswa jurusan Administrasi Perkantoran belum maksimal. Selain itu, jumlah keterserapan dalam dunia kerja pada tahun 2019/2020 kurang dari angka ideal atau kurang dari 80-85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, informasi dunia kerja, dan keaktifan dalam ekstrakurikuler terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Palebon Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Palebon Semarang yang berjumlah 94 siswa. Jumlah sampel sebanyak 76 siswa ditentukan dengan rumus Slovin dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis uji asumsi klasik, analisis deskriptif persentase, analisis regresi berganda, dan analisis uji hipotesis menggunakan program IBM SPSS for Windows release 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi berganda diperoleh persamaan: Y = 25,157 + 0,124X1 + 0,188X2 - 0,051X3 + e. Secara simultan lingkungan keluarga, informasi dunia kerja, dan keaktifan dalam ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Sedangkan secara parsial, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja, informasi dunia kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja, dan keaktifan dalam ekstrakurikuler berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesiapan kerja. Saran dalam penelitian ini yaitu keluarga diharapkan dapat memberikan dukungan kepada siswa dengan memberikan perhatian, bimbingan, dan motivasi. Keluarga juga diharapkan dapat membantu mengkondisikan suasana rumah agar kondusif dan tenang sehingga siswa lebih berkonsentrasi dalam belajar dan terhindar dari kebisingan. Guru dan BKK harus lebih banyak memberikan informasi mengenai dunia kerja baik saat mengajar maupun pemberian informasi melalui papan pengumuman dan media sosial. Pihak sekolah diharapkan dapat memberikan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan jurusan yang ada di SMK Palebon Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Informasi Dunia Kerja, Keaktifan Dalam Ekstrakurikuler, Kesiapan Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:27
Last Modified: 14 Nov 2022 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52926

Actions (login required)

View Item View Item