PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY: HIPPO MAGIC BOOK DALAM PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN


Eka Rizqi Oktaviani, 1601417077 (2021) PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY: HIPPO MAGIC BOOK DALAM PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417077 - Eka Rizqi Oktaviani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media Augmented Reality: Hippo Magic Book merupakan salah satu bentuk usaha untuk menambah kosakata anak dengan mengenalkan bahasa Inggris melalui gambar animasi dan suara. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana penggunaan media Augmeneted Reality: Hippo Magic Book dalam pengenalan kosakata bahasa inggris usia 5-6 tahun, serta faktor pendukung dan penghambat penggunaan media tersebut. Lokasi penelitian adalah TK Pertiwi Mandiraja Wetan dengan subjek penelitian meliputi, Orang tua/wali murid, Kepala Sekolah, Ibu guru, serta peserta didik TK Pertiwi Mandiraja Wetan. Data yang digunakan berupa data sekunder dan data primer yang diperoleh selama penelitian berlangsung, dan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik traingulasi. Data yang telah teruji keabsahannya kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan media Augmented Reality: Hippo Magic Book dalam pengenalan kosakata bahasa inggris di TK Pertiwi Mandiraja Wetan mampu menumbuhkan keberanian anak untuk menyampaikan pendapat maupun bercerita dengan menggunakan kosakata bahasa inggris. Penggunaan media Augmented Reality: Hippo Magic Book dalam pengenalan kosakata bahasa inggris dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung diantaranya yaitu: kemampuan guru/pengajar, sikap optimis dan komitmen kepala sekolah dan guru, kepercayaan dan dukungan dari orang tua/wali murid, media pembelajaran yang memadai, serta tempat belajar yang nyaman dan luas. Selain dipengaruhi oleh faktor pendukung, dalam penerapan media Augmented Reality juga terdapat faktor yang menghambat, salah satunya yaitu perbedaan tingkat pemahaman peserta didik. Simpulan dari penelitian ini yaitu TK Pertiwi Mandiraja Wetan telah menggunakan media Augmented Reality: Hippo Magic Book secara maksimal. Saran dalam penelitian ini harapannya tenaga pengajar TK Pertiwi Mandireja Wetan mampu meningkatkan kualitas mengajar dan menyiapkan sarana serta prasarana yang mendukung agar pembelajaran dapat berjalan lebih optimal, selain itu peneliti juga meyarankan kepada orang tua/wali murid untuk mencoba menyediakan media viii Augmented Reality: Hippo Magic Book di rumah agar anak dapat berlatih untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Hippo Magic Book, Kosakata Bahasa Inggris, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:08
Last Modified: 10 Nov 2022 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52853

Actions (login required)

View Item View Item