PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
Meiyana Putri, 4101417158 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini menghasilkan pengembangan e-modul matematika berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran inkuiri. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan ADDIE adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan skala likert, uji rata-rata satu pihak kanan, dan uji perbedaan dua rata-rata satu pihak kanan. Hasil penelitian ini: (1) Pengembangan e-modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri sebagai penunjang pembelajaran matematika pada materi pola bilangan; (2) E-modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pola bilangan memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase kevalidan sebesar 88,40%; (3) E-modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pola bilangan memiliki kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata presentase kepraktisan sebesar 87,33%; (4) E-modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi pola bilangan dikategorikan efektif atau dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal tersebut diperoleh dari beberapa hal berikut (a) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan e-modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri mencapai kriteria ketuntuasan; dan (b) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan e�modul matematika berbasis etnomatematika menggunakan model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:53 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52822 |
Actions (login required)
View Item |