ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM


Muhammad Rizcky Kurniawan, 4101417073 (2021) ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417073 - Muhammad Rizcky Kurniawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep, self efficacy, dan kemampuan berpikir aljabar merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Guru matematika kelas XI SMA Negeri 9 Semarang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy siswa masih tergolong rendah. Model pembelajaran yang tepat dan sesuai dapat menumbuhkan suasana pembelajaran melibatkan siswa untuk aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa dalam pembelajaran flipped classroom. Metode kombinasi dengan desain sequential explanatory digunakan untuk menjawab rumusan masalah dengan metode kuantitatif dan kualitatif secara berurutan. Sampel diambil dua kelas dengan teknik simple random sampling dari populasi kelas XI MIPA SMA Negeri 9 Semarang. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran flipped classroom dan kelas lainnya sebagai kelas kontrol diberikan model pebelajaran direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir aljabar siswa pada model pembelajaran flipped classroom mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir aljabar siswa pada model pembelajaran flipped classroom lebih baik dari yang diberikan model pembelajaran direct instruction; (3) terdapat pengaruh positif kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy terhadap kemampuan berpikir aljabar dalam model pembelajaran flipped classroom; (4) deskripsi kemampuan berpikir aljabar berdasarkan kemampuan pemahaman konsep dan self efficacy yaitu: (a) siswa dengan pemahaman konsep dan self efficacy tinggi cenderung memiliki kemampuan berpikir aljabar tinggi; (b) siswa dengan pemahaman konsep tinggi dan self efficacy sedang, pemahaman konsep dan self efficacy sedang serta siswa dengan pemahaman konsep sedang dan self efficacy rendah cenderung memiliki kemampuan berpikir aljabar sedang; (c) siswa dengan pemahaman konsep dan self efficacy rendah cenderung memiliki kemampuan berpikir aljabar rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Self Efficacy, Kemampuan Berpikir Aljabar, Model Pembelajaran Flipped Classroom.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:59
Last Modified: 09 Nov 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52812

Actions (login required)

View Item View Item