PENGARUH PENGETAHUAN K3, SIKAP, DAN FASILITAS PRAKTIK TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017


Ayu Rahmawati, 7101417148 (2021) PENGARUH PENGETAHUAN K3, SIKAP, DAN FASILITAS PRAKTIK TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGETAHUAN K3, SIKAP, DAN FASILITAS PRAKTIK TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017] PDF (PENGARUH PENGETAHUAN K3, SIKAP, DAN FASILITAS PRAKTIK TERHADAP KESADARAN BERPERILAKU K3 DI LABORATORIUM PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kesadaran berperilaku K3 mahasiswa berdasarkan observasi awal mahasiswa belum memiliki kesadaran berperilaku K3 secara optimal. Kesadaran berperilaku K3 adalah kesadaran dari dalam diri seseorang untuk menerapkan prosedur K3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu pengetahuan K3, sikap, dan fasilitas praktik terhadap variabel dependen yaitu kesadaran berperilaku K3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkatan 2017, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 79 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah SEMPLS dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil Penelitian menunjukkan model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk sehingga model dinyatakan layak. Adapun hasilnya adalah pengetahuan K3 berpengaruh positif dan signifikan sebesar 27,2% terhadap kesadaran berperilaku K3, sikap berpengaruh positif dan signifikan sebesar 22,4% terhadap kesadaran berperilaku K3 dan fasilitas praktik berpengaruh positif dan signifikan sebesar 49% terhadap kesadaran berperilaku K3. Dengan demikian tiga hipotesis yang diusulkan dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel fasilitas praktik memiliki pengaruh terbesar terhadap kesadaran berperilaku K3 di Laboratorium pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran Angkatan 2017. Saran dari penelitian ini adalah institusi hendaknya menjadi fasilitator bagi mahasiswa untuk meningkatkan kesadaran berperilaku K3 dengan memberikan pengetahuan K3 dan membuat kebijakan Standar Operasional Prosedur (SOP) K3 yang diperuntukkan bagi mahasiswa ketika praktik demi terciptanya kesadaran perilaku K3.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan K3, Sikap, Fasilitas Praktik, Kesadaran Berperilaku K3
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:18
Last Modified: 09 Nov 2022 01:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52801

Actions (login required)

View Item View Item