PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI BERBASIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI
SHOFIATUL ROHMAH, .7101417119 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI BERBASIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI REPRESENTASI BERBASIS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN EKONOMI)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran ekonomi di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Jakenan yang memiliki banyak kendala dan masalah dalam pelaksanaanya. Penyebabnya antara lain adalah siswa sering kali tertinggal materi pembelajaran karena kendala dalam pembelajaran menggunakan Zoom meeting, siswa juga sering kali merasa bosan dengan materi tertulis yang diberikan karena memiliki tampilan yang monoton dan tidak menarik karena hanya berisi tulisan (bahan ajar). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran, mengetahui kelayakan media, mengetahui kemenarikan media dan mengetahui efektivitas media yang dikembangkan, yaitu media pembelajaran multi representasi berbasis Instagram pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IPS 4 SMA N 1 Jakenan. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode Research and Development atau penelitian pengembangan. Pengembangan media dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang memiliki 10 langkah, namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 7 langkah dikarenakan menyesuaikan kebutuhan penelitian dan keterbatasan peneliti. Langkah penelitian yang diambil yaitu meliputi (1) analisis potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba lapangan dan (7) revisi produk. Pengumpulan data lapangan dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket kebutuhan, angket penilaian dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi uji coba instrumen, analisis data produk, data awal dan data akhir. Hasil dari penelitian ini meliputi produk berupa konten pada akun Instagram @ekonomi.info, dengan tingkat kelayakan materi 89,38% dan media 87,2%, tingkat kemenarikan dari guru sebesar 100% dan dari siswa sebesar 85,3%, serta diperoleh nilai gain sebesar 0,57 dan uji Paired sampel t-test yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar pelajaran ekonomi sebelum dan sesudah penerapan media. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Instagram yang dikembangkan merupakan media yang layak, menarik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, Instagram, ekonomi, SMA |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 08:10 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 08:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52790 |
Actions (login required)
View Item |