PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KINERJA PEGAWAI, KOMUNIKASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Rizki Setiana, 7101417098 (2021) PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KINERJA PEGAWAI, KOMUNIKASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KINERJA PEGAWAI, KOMUNIKASI, DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Suatu perguruan tinggi sudah selayaknya memiliki kualitas layanan yang maksimal sehingga terciptanya kepuasan dari mahasiswa. Kepuasan itu sendiri juga dilihat dari berbagai faktor terutama kualitas layanan yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada civitas akademika yang ada didalamnya khususnya mahasiswa. Dari fenomena yang ditemukan pada pelayanan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang secara online maupun offline masih terdapat keluhan dari mahasiswa terkait pelayanan yang diterima. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan kualitas layanan, kinerja pegawai, komunikasi, dan lingkungan kerja fisik terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017-2020 yaitu sejumlah 4522 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan menggunakan rumus Slovin sehingga menghasilkan sampel sejumlah 367 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah analisis linier berganda dan analisis jalur, serta untuk pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan, kinerja pegawai, komunikasi, dan lingkungan kerja fisik secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0.000 dengan nilai signifikansi 0.006. Karena nilai sig. 0,006 < 0,05. Kualitas layanan secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0.000 dengan nilai signifikansi 0.000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Kinerja pegawai secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0.000 dengan nilai signifikansi 0.000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Komunikasi secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0.000 dengan nilai signifikansi 0.000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Lingkungan kerja fisik secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa dengan koefisien regresi sebesar 0.000 Dengan nilai signifikansi 0.000. Karena nilai sig. 0,000 < 0,05. Simpulan penelitian ini bahwa semua variabel secara parsial dan simultan saling berpengaruh satu sama lain. Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan pembaharuan dan menambah ruang lingkup penelitian dengan variabel yang dapat mempengaruhi kepuasan layanan di luar variabel yang telah diteliti agar memperoleh hasil yang lebih variatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Kualitas, Komunikasi, Lingkungan, Layanan |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 07:45 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 07:45 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52784 |
Actions (login required)
View Item |