EFEKTIVITAS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
Liyana Putri Yani, 4001417013 (2021) EFEKTIVITAS MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN PhET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan aspek penting pada abad 21. Pembelajaran yang dilakukan disekolah masih bersifat teacher centered sehingga siswa tidak bisa mengembangkan kemampuan berpikirnya. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model creative problem solving berbantuan PhET terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B dan VIII C. Data kemampuan berpikir kreatif diambil menggunakan metode tes berupa soal pilihan ganda, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan metode tes berupa soal uraian. Uji analisis akhir dilakukan dengan uji MANCOVA. Uji MANCOVA menunjukkan bahwa sig <0,001, sehingga dapat dikatakan model creative problem solving berbantuan PhET memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. N-gain kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pada kelas eksperimen yaitu 0,56 dan 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model creative problem solving berbantuan PhET efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Creative Problem Solving, Getaran, gelombang, dan bunyi, Hasil belajar, Kemampuan berpikir kreatif, PhET. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 07:53 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 07:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52652 |
Actions (login required)
View Item |