ANALISIS NILAI KARAKTER PADA TEMA KEBERSAMAAN DALAM BUKU GURU KELAS II SEKOLAH DASAR
Rista Amaliyani, 1401417323 (2021) ANALISIS NILAI KARAKTER PADA TEMA KEBERSAMAAN DALAM BUKU GURU KELAS II SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dampak negatif arus globalisasi dan masa pandemi covid-19 dapat menggerus karakter bangsa, disinilah pentingnya pendidikan karakter bagi anak terutama pada usia sekolah. Penanaman nilai karakter dapat dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar. Nilai karakter dapat dicantumkan dalam bahan ajar, buku guru, dan buku siswa. Buku guru dapat dikatakan sebagai acuan guru untuk menyampaikan dan mengetahui pencapaian nilai karakter yang terdapat dalam materi pembelajaran kepada peserta didik. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian mengenai analisis nilai-nilai karakter pada Tema 7 Kebersamaan dalam Buku Guru kelas II SD/MI Kurikuum 2013 Edisi Revisi 2017. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja nilai-nilai karakter yang muncul pada KI, KD, dan kegiatan pembelajaran dalam Buku Guru Kelas II SD/MI Tema Kebersamaan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017?. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang muncul pada KI, KD, dan kegiatan pembelajaran dalam Buku Guru Kelas II SD/MI Tema Kebersamaan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis konten dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis konten yang dikemukakan oleh Klaus Krippendorf. Uji keabsahan data menggunakan uji credibility, transferabelity, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai karakter pada KI telah memunculkan ketujuh nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri, (2) nilai-nilai karakter pada KD hanya memunculkan enam nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri, (3) nilai-nilai karakter pada kegiatan pembelajaran telah memunculkan ketujuh nilai karakter yaitu nilai karakter religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri. Saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya menganalisis nilai-nilai karakter pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran, penulis lebih teliti dan cermat dalam menyajikan buku teks pelajaran, serta Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebaiknya lebih cermat dan teliti baik saat membuat maupun melakukan perbaikan pada buku guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Buku Guru, Kurikulum 2013, Nilai Karakter. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 03:30 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 03:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52595 |
Actions (login required)
View Item |