EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SECARA DARING DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


ALMUSRIYAH, 7101417024 (2021) EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SECARA DARING DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SECARA DARING DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (EVALUASI PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SECARA DARING DENGAN MODEL COUNTENANCE STAKE PADA MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan intrakurikuler yang terdiri dari kegiatan latihan praktik mengajar dan tugas-tugas kependidikan lainnya yang dilakukan secara terbimbing, terarah dan terpadu guna membentuk tenaga profesional dalam kependidikan. Namun karena adanya wabah virus Corona (COVID-19) yang menyebar di Indonesia semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring, termasuk PPL. Kegiatan PPL secara daring ini dilakukan untuk pertama kalinya oleh UNNES sehingga memerlukan persiapan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan Program PPL pada mahasiswa administrasi perkantoran angkatan 2017 yang telah mengikuti praktik mengajar secara daring di beberapa SMK di Jawa Tengah, dan belum dilakukan evaluasi terkait keberhasilannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner kepada dosen pembimbing, guru pamong, dan juga mahasiswa praktikan yang telah mengikuti pelaksanaan PPL secara daring dengan tambahan data dari hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Countenance Stake’s yang menekankan pada dua kegiatan yang dilakukan yakni description dan judgement yang terdiri dari tiga tahapan yakni tahap masukan (antecedents), tahap pelaksanaan (transaction), dan tahap hasil (outcomes). Hasil penelitian menunjukan bahwa kesiapan mahasiswa PPL selama pelaksanaan PPL dalam kategori baik dengan presentase 24,49%, hal ini dipengaruhi oleh kualitas orientasi PPL yang baik dengan presentase 42,31%, peran guru pamong sebesar 37,18%, peran dosen pembimbing sebesar 44,87%, dan Rekan Sejawat sebesar 25,64%. Hambatan yang dialami mahasiswa praktikan ketika pelaksanaan PPL secara daring ini diantaranya sinyal dan jaringan yang buruk (42,3%), sarana dan prasarana yang kurang memadai (23,12%), serta siswa yang kurang responsif ketika pembelajaran (53,26%). Simpulan pada penelitian ini pelaksanaan PPL secara daring pada mahasiswa Administrasi Perkantoran angkatan 2017 sudah berjalan dengan baik namun belum optimal pelaksanaannya. Saran yang diberikan dalam penelitian ini hendaknya mahasiswa praktikan lebih kreatif dalam memilih model dan metode pembelajaran dengan memilih platform yang sesuai untuk diaplikasikan di sekolah, dan hendaknya koordinator dosen pembimbing menjelaskan kriteria nilai yang digunakan oleh UNNES kepada sekolah sebelum penerjunan agar tidak terjadi miss persepsi terkait nilai minimal untuk mahasiswa praktikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program PPL, Model Countenance Stake, Mahasiswa Administrasi Perkantoran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Nov 2022 03:48
Last Modified: 03 Nov 2022 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52594

Actions (login required)

View Item View Item