PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN SRUWOHDUKUH PURWOREJO
Fachry Mahendra, 1401417287 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN SRUWOHDUKUH PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Indonesia merupakan muatan pembelajaran yang diarahkan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V SDN Sruwohdukuh, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, yaitu kurangnya media pembelajaran yang inovatif dan rendahnya minat membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui keefektifan media buku cerita bergambar interaktif berbasis multimedia terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sruwohdukuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dilaksanakan mengacu pada model pengembangan menurut Sugiyono meliputi tahap: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sruwohdukuh berjumlah 22 siswa dan dilaksanakan pada rentang waktu bulan Mei sampai dengan Juni 2021. Variabel bebas pada penelitian ini, yaitu buku cerita bergambar interaktif berbasis multimedia dan variabel terikatnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sruwohdukuh. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan setelah melalui proses validasi produk oleh ahli materi diperoleh nilai 80% dengan kategori layak dan ahli media diperoleh nilai 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan tanggapan guru dan siswa terhadap media diperoleh nilai 96% dan 91%. Uji t diperoleh
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis Multimedia, Buku Cerita Bergambar Interaktif, Keterampilan Membaca Pemahaman |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 07:19 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 07:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52550 |
Actions (login required)
View Item |