PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP SMK 17 TEMANGGUNG
Zuknia Izzatul Fitrah, 7101416318 (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP SMK 17 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI, KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP SMK 17 TEMANGGUNG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Hambatan dalam komunikasi interpersonal, seringkali dijumpai di lingkungan sekolah dan dialami oleh sebagian siswa khususnya siswa SMK. Bila siswa mengalami hambatan dalam komunikasi interpersonal di lingkungan sekolah, maka kelancaran saat pembelajaran akan terganggu dan juga interaksi antar teman sebaya juga terhambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan diri, konsep diri dan kecerdasan emosional dengan komunikasi interpersonal siswa kompetensi keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK 17 Temanggung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa OTKP di SMK 17 Temanggung yang berjumlah 196 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Stratifield Propotionate Random Sampling dengan menggunakan 132 siswa menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik dan analisis pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif secara simultan antara Kepercayaan Diri, Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap komunikasi interpersonal siswa Kompetensi Keahlian OTKP di SMK 17 Temanggung sebesar 60,1% sedangkan 39,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Sedangkan secara parsial variabel kepercayaan diri sebesar 5,9%, konsep diri sebesar 23,81 % dan kecerdasan emosional sebesar 3,38%. Persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung sebesar 24,168 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05, sehingga diperoleh sehingga diperoleh persamaan regresi berganda dengan persamaan Y=15,594 + 0,120 X1 + 0,566 X2 + 0,071X3 + e. Saran dalam penelitian ini adalah siswa lebih meningkatkan kepercayaan diri, konsep diri, dan kecerdasan emosional dengan cara guru memberikan simulasi pembelajaran yang menarik perhatian siswa untuk terus berpendapat dan berdiksusi agar menambah wawasan dan kosa kata untuk melatih kemampuan berkomunikasi antar siswa. Melalui komunikasi interpersonal yang dimiliki, maka siswa akan lebih mudah dalam berinteraksi saat kegiatan belajar di sekolah berlangsung.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepercayaan Diri, Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | dwi setyo hastaningsih |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 02:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52483 |
Actions (login required)
View Item |