KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 DEMAK
Apita Listyani, 3101415010 (2021) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah penggunaan kurikulum 2013 edisi revisi dimana pembelajaran sejarah hanya diperuntukan untuk kelas X saja, hal tersebut mengharuskan guru memadatkan materi pembelajaran sejarah di kelas X dan hanya memiliki waktu 3 jam pembelajaran dalam seminggu. Disisi lain, peserta didik masih kurang aktif dalam pembelajaran sejarah, hal tersebut terjadi karena berbagai alasan salah satunya yaitu kurangnya motivasi belajar pada pelajaran sejarah di SMK Negeri 2 Demak sehingga perlu ada motivasi yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik agar peserta didik bisa bersungguh�sungguh dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimanakah kemampuan pedagogik guru sejarah SMK Negeri 2 Demak. 2) apasaja kendala guru sejarah dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik? 3) bagaimana cara guru sejarah meningkatan motivasi belajar peserta didik?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) guna mengetahui bagaimana kemampuan pedagogik guru sejarah SMK Negeri 2 Demak. 2) guna mengetahui kendala guru sejarh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. 3) guna mengetahui cara guru sejarah meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Demak. Informan dalam penelitian ini: guru sejarah dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analis datanya menggunakan model analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sejarah di SMK Negeri 2 Demak sudah baik dalam usaha meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Sedangkan kendala guru dalam meningkatkan motifasi belajar peserta didik diantaranya: Faktor kemampuan peserta didik yang berasal dari faktor internal, Sarana dan Prasarana, proses pembelajaran sejarah yang dilakukan di kelas X dan diberikan waktu tiga jam pelajaran dalam seminggu, orientasi untuk bekerja, jam praktek yang menyita waktu. Cara guru meningkatkan motivasi belajar peserta didik seperti dengan pemberian nasehat, bimbingan, arahan, dan memberi dukungan, selain itu guru juga membantu peserta didik jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Penggunaan metode yang bervariasi, penggunaan media pembelajaran, serta permainan-permainan juga dilakukan guru untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Simpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan pedagogik guru sejarah dalam memotivasi belajar peserta didik sudah baik, guru dapat mengatasi hambatan seperti kendala kemampuan peserta didik, jam pelajaran yang relatif kurang, sarana dan prasarana. Selain itu, kemampuan guru dalam proses pembelajaran dapat membuat kelas menjadi aktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pedagogik, Guru Sejarah, Motivasi Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1 |
Depositing User: | Kharisma ADHIARYA |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 01:58 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52409 |
Actions (login required)
View Item |