PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC FLIPBOOK PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN JOMBLANG 05 SEMARANG
Dessy Sukowati, 1401417073 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC FLIPBOOK PADA MUATAN PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN JOMBLANG 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil pra-penelitian di SDN Jomblang 05 Semarang yang dilakukan melalui wawancara dengan guru kelas IV, observasi serta dokumen hasil belajar siswa kelas IV, ditemukan bahwa proses pembelajaran IPA belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh pengunaan media pembelajaran berbasis IT yang terbatas dan kurang inovatif menyebabkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti mengembangkan media pembelajaran electronic flipbook. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran electronic flipbook pada muatan pelajaran IPA materi hubungan gaya dan gerak. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba produk (skala kecil) karena penelitian dilakukan saat pandemi covid-19 dan sekolah membatasi kegiatan diluar pembelajaran. Uji coba skala kecil dilakukan pada 6 siswa kelas IV SDN Jomblang 05 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran electronic flipbook yang terdiri dari beberapa slide cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan, KI dan KD, indikator dan tujuan pembelajaran, materi, LKPD, soal evaluasi dan biodata. Selain itu, pada media juga dilengkapi thumbnail, hyperlink, gambar, video, kuis dan assistant flipbook. Media pembelajaran electronic flipbook dinyatakan sangat layak digunakan dengan perolehan persentase hasil oleh ahli materi sebesar 98% dan ahli media sebesar 100%, didukung dengan persentase tanggapan siswa sebesar 98,33% dan tanggapan guru sebesar 100%. Berdasarkan uji t menggunakan paired sample t-test diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu -8,696>2,447 maka Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi hubungan gaya dan gerak sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran electronic flipbook, dengan peningkatan hasil belajar (n-gain) sebesar 0,754 dengan kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran electronic flipbook sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPA pada materi hubungan gaya dan gerak dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Saran pengembangan selanjutnya adalah memperbaiki tampilan desain dan menambah variasi kuis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; IPA; flipbook |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 07:23 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 07:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52387 |
Actions (login required)
View Item |