ANALISIS KESESUAIAN MATERI TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA BUKU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN KURIKULUM 2013


Adinda Liliana Pratiwi, 1401417049 (2021) ANALISIS KESESUAIAN MATERI TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA BUKU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417049 - Adinda Liliana Pratiwi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan buku yang digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran. Penyusunan buku teks pelajaran perlu disesuaikan dengan kurikulum yang sedang berlaku, yaitu Kurikulum 2013. Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis, ditemukan materi yang tidak luas pada mata pelajaran SBdP, sehingga penulis tertarik untuk melaksanakan penelitian lebih dalam mengenai materi pada Buku Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar terbitan Kemendikbud Kurikulum 2013. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian materi Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013?.” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian materi Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi teknik, uraian rinci, dan auditing. Langkah�langkah analisis data pada penelitian ini yaitu menentukan sampel, menentukan unit analisis, menentukan kategori dan koding, menentukan reliabilitas, serta menentukan atau melakukan analisis dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan materi Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Namun masih diperlukan perbaikan, khususnya pada materi Bahasa Indonesia KD 4.8, karena sebagian besar ketidaklengkapan, ketidakluasan, dan ketidakdalaman materi terjadi pada materi Bahasa Indonesia KD 4.8 yang membahas mengenai menyajikan persitiwa atau tindakan pada teks fiksi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V pada saat uji keabsahan data di SDN Petunjungan 01, diperoleh informasi bahwa untuk mengatasi ketidaklengkapan, ketidakluasan, dan ketidakdalaman materi pada Buku Siswa, guru mencari sumber belajar lain untuk menambahkan materi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberikan saran yaitu, (1) guru perlu melakukan kegiatan analisis buku teks pelajaran dan bisa mengatasi kekurangan pada buku teks pelajaran; (2) pihak sekolah perlu menyediakan sumber belajar yang beragam; (3) penulis buku teks pelajaran harus lebih teliti lagi dalam menyusun buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian Materi, Buku Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:30
Last Modified: 31 Oct 2022 06:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52376

Actions (login required)

View Item View Item