ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA HIDUP RUKUN EDISI REVISI 2018 DENGAN KURIKULUM 2013


Khomsatun Hanifah, 1401417044 (2021) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA HIDUP RUKUN EDISI REVISI 2018 DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417044 - Khomsatun Hanifah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Searah dengan perkembangan zaman, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk menghadapi persaingan dengan dunia luar. Jika suatu negara memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, maka negara tersebut dapat mengalami kemajuan dengan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Kualitas sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui pendidikan. Pendidikan dijadikan sebagai suatu pelajaran yang dapat mendidik manusia menjadi insan yang lebih baik, salah satunya kurikulum yang digunakan dalam satuan pendidikan Indonesia sekarang adalah Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi dan menganalisis kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas II sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Hidup Rukun Edisi Revisi 2018 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah menganalisis kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan materi yang ada di Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II SD/MI tema “Hidup Rukun” edisi revisi tahun 2018 secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan penyempurnaan pada beberapa aspek. Disarankan kepada guru hendaknya perlu menganalisis terlebih dahulu segala jenis sumber dan bahan ajar yang akan digunakan, serta bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi dengan edisi revisi yang terbaru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Guru, Buku Siswa, Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 31 Oct 2022 06:15
Last Modified: 31 Oct 2022 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52373

Actions (login required)

View Item View Item