PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS ANDROID MATERI PETA PERSEBARAN SUMBER DAYA HAYATI MUATAN IPS KELAS IV SDN 01 WONOPRINGGO


Imelda Fuztihana, 1401417005 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS ANDROID MATERI PETA PERSEBARAN SUMBER DAYA HAYATI MUATAN IPS KELAS IV SDN 01 WONOPRINGGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401417005 - Imelda Fuztihana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

lui teknik wawancara, observasi serta data dokumen berupa data hasil belajar siswa terdapat permasalahan pada muatan IPS yakni kurang tersedianya media muatan pembelajaran IPS, sehingga hasil belajar kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana cara mengembangkan, kelayakan dan keefektifan media Pop-Up Book Berbasis Android. Tujuan penelitian untuk mengembangkan, menguji kelayakan dan keefektifan media pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Android terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Peta Persebaran Sumber Daya Hayati serta menganalisis hasil belajar ranah psikomotorik siswa setelah menggunakan media Pop-Up Book Berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yakni model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono, terdapat 8 langkah disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peneliti yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 01 Wonopringgo sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhirmelalui uji-t dan N-Gain. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Android, sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan isi oleh validator materi mendapat skor sebesar 90,63% dan kelayakan penyajian oleh validator media mendapat skor sebesar 95,31%. Media ini efektif digunakan, ditunjukkan dengan uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh nilai thitung ≤ -ttabel (-30,382 ≤ -1,7081), sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-Gain) sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi. Pada aspek psikomotor terdapat peningkatan keterampilan membuat peta sederhana persebaran sumber daya hayati di sekitarnya dengan nilai rata-rata 91,3 dan kriteria “Sangat Baik”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Android sangat layak dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi Peta Persebaran Sumber Daya Hayati kelas IV SDN 01 Wonopringgo. Saran penelitian dapat menerapkan media Pop-Up Book Berbasis Android pada materi lebih luas dengan memperbaiki komponen-komponen pada media supaya lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ahmadi, Farid dkk. 2018. The Development of Pop-Up Book Media To Improve 4 th Grade Students’ Learning Outcomes of Civic. APIAR (Asia Pasific of Contemporary Education and Communication Technology). Page 42-50 Anitah, Sri. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Arifin, Muhammad dan Rini Ekayati. 2019. E-Learning Berbasis Edmodo. Yogyakarta. Deepublish. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta. Baharuddin, dan Esa Nur Wahyuni. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Ar-ruzz Media Batubara, Hamdan Husein. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa SD/MI. MUALLIMUNA Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3 No.1 Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Produser. Kota Serang Baru. Laksita Indonesia. Darsono. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional Mata Pelajaran: Guru Kelas SD. Kemendikbud Dirjen GTK Dewanti, Handaruni dkk. 2018. Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP. Vol 1 No.3 Dewantri, Alit Ayu. 2014. Sekilas Tentang Pop-Up, Lift the Flap, dan Moveable Book. http://dgi.or.id/read/observation/sekilas-tentang-pop-up-lift-the-flap�dan-movable-book.html (diakses 6 Desember 2020) Dewi dan Sumarni. 2020. Efektivitas Penggunaan Media E-Learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Chemistry in Education. Vol 9 No 2 hal 3-4 Djijar, Canggih Devi. 2015. Efektivitas Media Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cerita Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sekolah Dasar Brawijaya Smart School Malang . (skripsi). Universitas Maulana Malik Ibrahim http://etheses.uin�malang.ac.id/2915/1/11140064.pdf (diakses 07/12/20) Dula, Stefani Nadya G. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Materi Bentuk Permukaan Bumi Untuk Siswa Kelas III SDN Mangunsari Semarang. (skripsi). Universitas Negeri Semarang https://lib.unnes.ac.id/29916/1/1401413608.pdf (diakses 07/12/20) Erterprise, Jubilee. 2010. Step by Step Ponsel Android. Jakarta. PT Elex Komputindo Faizah, Silviana Nur. 2017. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 1 No.2 hal 177 Faturrohman, Muhammad. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogayakarta. Garudhawaca. Fikri, Hasnul, dkk. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta. Samudra Biru. Firly, Nadia. 2018. Create Your Own Android Application. Jakarta. PT Elex Media Komputindo Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Hasanah Uswatun. 2019. Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 99 Kota Bengkulu. IAIN Bengkulu http://repository.iainbengkulu.ac.id/3856/1/USWATUN%20HASANAH.p df (diakses 07/12/20) Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang. Graha Cendekia. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia (diakses Agustus 2021) Husamah, dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang. UMM Press. 201 Ilham dan Aidin. 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan.Vol.9 No.1 hal 62 Jayanti, Ni Made Firma, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 5 No:2 hal 1 Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media Dan Sumber Belajar. Jakarta. Kencana Johan, Muhammad Gio. 2020. Media Pop-Up Book Untuk Melatih Keterampilan Menulis Karangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena. Vol.11 No. 1 hal.57 Khoiriyah,Evi dan Eka Yuliana Sari. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD). Vol.2 No.2 hal 31 Lefudin. 2017. Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish. Maharani, Wati, dan Hartini. 2017. Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Usaha dan Energi untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Inquiry Discovery Learning (IDL Terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. Vol 5 No 3 hal 363-365 Mahendra, Hatma Heris dan Winarti Dwi Febriani. 2019. Pembelajaran Berbasis Pendidikan Humanistik Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa. Vol.6 No.1 hal 8 Masruri, Hilmi dan Java Creativity. 2015. Buku Pintar Android. Jakarta. PT Elex Komputindo Masturah, Elisa Diah dkk. 2018. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 6 No.2 pp 212-221 Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol 1 No.2 hal 98 Murniati dan Rien Anitra. 2019. Media Pop-Up Book Sebagai Alat Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal of Educational Review and Research. Vol.2 No.1 hal 89 Muyaroah, Siti dan Mega Fajartia. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Education Technology (IJCET). Vol 6 (2) hal 79-83 Ningtyas, Tri Wahyu dkk. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus Air dan Peristiwa Alam Sebagai Penguatan Kognitif Siswa. JKTP (Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan). Vol 2 No.2 hal 115-120 Nurdin, Fajri. Taty Sulastry, dan Hasri. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Chemistry Education Review (CER). Vol 1 No. 2 hal 40-41 Oka, Gede Putu Arya. 2017. Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta. Deepublish. Pratiwi, Uli Ambar. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Explicit Instruction Pada Kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan. (skripsi). Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/22413/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEM BAHASAN.pdf (21/06/2020) Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press. Putra, Ditto Rahmawan. 2016. Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Kelas IX IPS SMA Negeri 1 Imogiri Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. (skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta https://core.ac.uk/download/pdf/33542054.pdf (diakses 07/12/2020) Putri, Ellysa. 2017. Kemampuan masyarakat gayo dalam mengelola sumber daya alam. Serambi Saintia. Vol.V No.1 hal 25 Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. 2019. Prestasi Belajar. Malang. Literasi Nusantara. Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna. Vol.2 No.1 hal 68 Rahmawati, B.Fitri dan Zidni. 2019. Identifikasi Permasalahan-Permasalahan Dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia. Vol.3 No.1 hal 5-9. Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Prenamedia Group Rusydyah, Evi Fatiamtur. 2017. Media Pembelajaran (Implementasi untuk Anak di Madrasah Ibtidaiyah). Surabaya. Government of Indonesia(GOI) dan Islamic Development Bank(IDB). Sadevi, Luh Wina. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola di SMKN 06 Surabaya. Jurnal Da Moda. Vol 1 No. 1 hal 11 Safri, Mellia. Sri Adellia Sari, dan Marlina. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol.05 No.01 hal.108 Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta. Deepublish Satyaputra, Alfa dan Eva Maulina Aritonang. 2016. Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta. PT Elex Komputindo Sawitri dan Rahayu. 2018. Modul PKT.08 (Penilaian Hasil Belajar). Surabaya. Kemenristekdikti LLDIKTI Wilayah VII. Setiawan, Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo. Uwais Inspirasi Indonesia. Setiawati, Siti Ma’rifah. 2018. Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?. Helper. Vol.35 No.1 hal 33 Sholeh, Muhammad. 2019. Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. Vol 4 No.1 pp138-150 Simanihuruk, Lidia, dkk. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan. Yayasan Kita Menulis. Simanjuntak, Bintang Ronauli. Desnita dan Esmar Budi. 2018. The Development of Web-Based Instructional Media For Teaching Wave Physics on Android Mobile. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika (JPPPF). Vol 4 Issue 1 Sinta, Harlinda Sofyan. 2020. PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Hal 250 Siregar, Annisarti dan Elva Rahma. 2015. Model Pop-Up Book Kelurga untuk Mempercepat Kemampuan Membaca Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kepustakaan. Vol 5 No. 1 hal 12 Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Yogyakarta. Garudhawaca. Sitepu, Windi Ayan Kasih. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peranan Sumpah Pemuda Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas V MIS Khimatul Salridho Batang Kuis Tahun Ajaran 2016.2017. (skripsi). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. http://repository.uinsu.ac.id/2794/1/windy%20ayan%20kasih%20sitepu% 2C%2036133139.pdf (21/06/2020) Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta. PT. Karisma Putra Utama Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiarti, Henry. 2017. Keefektifan Media Pop-Up Candi Berbantu Model Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V SDN Kembangarum 02 Mranggen. Jurnal Pendas Mahakam. Vol.2 No.1 hal 71 Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta. Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sumarsono. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick “Menceritakan Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah dan Sekolah”Terhadap Siswa Kelas III Semester 1 SD Negeri Wonorejo Kecamatan Polokarto Tahun 2017/2018.Jurnal Pendidikan Konvergensi. Hal 139 Sumiharsono, Rudi dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember. CV. Pustaka Abadi Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta. PT. Karisma Putra Utama Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana. Rahmi, Fenny Agustina. 2018. Pengembangan Media Pop Up Book (Bilingual) Dengan Pendekatan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 10 Kelas X Kota Batam. SIMBIOSA. Vol.7 No.2 hal 122 Ratri, Safitri Yosita. 2018. Digital Story Telling Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter. Vol.01 No.01 hal 3 Tafonao, Talizaro. 2018. Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol.2 No.2 hal 113 Ubaduddin. 2019. Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. IAIS Sambas. Vol.V No.1 hal 19 Umam, Nanang Khoirul. dkk. 2019. Penggunaan Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Kelas IV SDN 1 Slempit. JTIEE. Vol.3 No.2 Winarti, Dwi dan Rahayu Setiani. 2019. Efektivitas Media Pop Up Book pada Pembelajaran Cooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol.2 No.2 hal 142 Yusron, Muhammad., AMI, Puspita.. & Flora, P. 2020. Pengaruh Media Pop-Up Book Berbasis Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Madrosatuna: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol.3 No.1 hal 44. Zatulifa, Muzayyana, dkk. 2018. Application Based Android As A Development Of English Learning Media. IORS Journal of Research and Method in Education. Vol 8 PP 66-72
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:20
Last Modified: 28 Oct 2022 01:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52350

Actions (login required)

View Item View Item