PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ZOOM MEETING DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW TERHADAP PENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI SMP N 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2020/2021


Afny Rumaysya Khulwah, 1301416071 (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI ZOOM MEETING DENGAN TEKNIK JOHARI WINDOW TERHADAP PENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA DI SMP N 3 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301416071 - Afny Rumaysya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP N 3 Karanganyar terdapat siswa yang merasa kurang percaya diri dan minder terhadap dirinya sendiri karena sisi negative yang ia miliki. Seharusnya, individu menyadari bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika siswa mempunyai percaya diri yang kuat pasti mampu menerima apa yang dimiliki pada dirinya baik dari kekurangan maupun kelebihannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok melalui zoom meeting dengan teknik johari window dapat berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah purposive sampling sejumlah 8 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala penerimaan diri sebanyak 4 indikator dan 52 item. Validitas instrumen diuji menggunakan rumus product moment. Sedangkan reliabilitas instrumen diuji dengan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif dan analisis uji Wilcoxon. Hasil analisis deskripstif menunjukkan bahwa tingkat penerimaan diri siswa sebelum diberikan treatment dalam kategori sedang. Sedangkan sesudah diberikan treatment berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji coba instrumen penerimaan diri terhadap 40 siswa di SMP N 3 Karanganyar, dari 52 item pertanyaan terdapat 31 item yang tidak valid karena rhitung < rtabel dan 21 item lainnya dinyatakan valid karena rhitung > rtabel (rhitung > 0.312). Setelah dilakukan uji analisis menggunakan SPSS, diperoleh hasil nilai Cronbach Alpha sebesar 0,774 > 0,312 maka instrumen penelitian dianggap reliabel atau bersifat konsisten. Berdasarkan output hasil uji Wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,012. Karena 0,012 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara penerimaan untuk pretest dan posttest. Sehingga dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok melalui zoom meeting dengan teknik johari window berpengaruh terhadap peningkatan penerimaan diri siswa SMP N 3 Karanganya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Ardhistia Sheilla. (2015). Perbedaan Penerimaan Diri antara Lansia yang Tinggal di Panti Wreda Berdasarkan Keputusan Sendiri Dan Bukan Berdasarkan Keputusan Sendiri. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Awalya. (2013). Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press. Azwar, Saifuddin. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Beebe, Steven A., dkk. (2008). Interpersonal Communication. Relating to Others.USA: Pearson. Bernard, M. (2013). The Strenght of self acceptance: Theory, practice, and research. New York: Springer Chaplin, (2014). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cunha Marina, Maria Jacinta Paiva. (2012). Text Anxiety in Adolescents: The Role of Self-Criticism and Acceptance and Mindfulness Skills. The Spanish Journal of Psychology. Vol. 15, No. 2, hal 533-543. Endah Puspita Sari, Sartini Nuryoto. (2002). Penerimaan Diri Pada Lanjut Usia Ditinjau dari Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi. Vol. 29, No.2, hal 73-88. Fajri Ratu Zhafira, Yusmansyah, Shinta Mayasari. (2019). Peningkatan Penerimaan Diri Dengan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 7, No. 1, Februari 2019. Febriyanti Anik. (2018). Peningkatan Keterbukaan Diri (Self-Disclosure) Dengan Teknik Petak Johari Melalui Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 2 Di Kota Bengkulu Kelas X Mipa F. Jurnal Psikodidaktika. Vol. 3, No. 1, Juni 2018, hal 21-33. Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Gibson, R. L & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hurlock, E. (2006). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. __________. (2008). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga. Izzati, A & Waluya, O, T. (2012). Gambaran Penerimaan Diri Pada Penderita Psoriasis. Jurnal Psikologi. Vol. 10, No. 2, Desember 2012, hal 68-78. Mu’awanah, E. dan Hidayah, R. (2009). Bimbingan Konseling Islami Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Nurihsan, Achmad Juntika. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung : PT. Refika Aditama. Peter Hyson. (2013). Coaching with Meaning and Spirituality. New York: Routledge. Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar Dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Romlah, T. (2001). Teori dan praktik. Malang :Universitas Negeri Malang. Santrock. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga. Sari Wahyu Puspita, Tri Umari, Raja Arlizon. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penerimaan Diri Siswa Kelas X AK SMK Labor Binaan FKIP UNRI Pekanbaru T. A 2015/2016. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 3, No. 2, hal 1- 11. Schultz, D. M. (1991). Psikologi Pertumbuhan Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta : Kanisius. Sitorus Muhammad Walimsyah, Aip Badrujaman, Susi Fitri. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Metode Permainan Terhadap Penerimaan Diri Siswa SMAN 1 Babelan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 2, No. 1, Januari 2019, hal 18-23. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukardi. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta. Supratiknya, A. (1995). Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta: Kanisius. Sutoyo, Anwar. (2014). Pemahaman Individu. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Suwarjo & Eva Imania Eliasa. (2011). 55 Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing. Szentagotai, Aurora., & David, D. (2013). Self-acceptance and happiness. In The Strength of Self-Acceptance . Diunduh dari, https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-1-4614-6806-6_8. Tohirin, (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Walgito, B. (2007). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi OFFSET. Wartana, Eka. (2013). A New Way Of Thinking Mind Web Konsep Berpiki Tanpa Mikir. Jakarta: Gramedia. Wibowo, M.E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UNNES Press
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 26 Oct 2022 06:10
Last Modified: 19 Mar 2024 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52302

Actions (login required)

View Item View Item