HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA DI SMA N 1 KRADENAN
Friska Yuniar Nindi Pratiwi, 1301416038 (2021) HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA DI SMA N 1 KRADENAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku menyontek yang tinggi di kalangan siswa umumnya dan pada siswa SMA N 1 Kradenan pada khususnya yang mana apabila hal ini dibiarkan begitu saja akan merusak nilai moral dalam bidang penddikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku menyontek dan penalaran moral di SMA N 1 Kradenan serta untuk mengetahui hubungan antara penalaran moral dengan perilaku menyontek siswa di SMA N 1 Kradanan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif korelasional. Sampel sebanyak 282 yang dipilih menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling dari pupulasi. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah skala psikologi perilaku menyontek dan sklaa psikologis penalaran moral. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah uji korelasional Product Moment Pearson. Setelah dilakukan serangkaian penelitian didapatkan hasil bahwasannya perilaku menyontek siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, penalaran moral siswa mayoritas berda pada tahap konvesional serta ditemukan hubungan yang negatif signifikan dengan derajad korelasi yang lemah antara perilaku menyontek dengan penalaran moral pada siswa SMA N 1 Kradenan. Artinya semakin tinggi penalaran moral siswa maka semakin rendah perilaku menyonteknya begitu pula sebaliknya semakin rendah penalaran moralnya maka semakin tinggi perilaku menyonteknya. Berdasar hasil temuan tersebuat saran yang dapat diberikan kepada guru BK yaitu untuk memberikan layanan yang bertujuan untuk mereduksi perilaku mneyontek serta layanan yang bertujuan untuk meningkatkan penalaran moral siswa, serta saran untuk pihak sekolah pada umumnya yaitu untuk mengaplikasikan kebijakan yang mendukung penalaran moral siswa serta kebijakan untuk mereduksi perilaku menyontek siswa. Kata kunci : perilaku menyontek, penalaran moral, siswa SMA
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Afroh, K. (2014). Hubungan Antara Penlaran Moral dengan Perilaku Menyontek pasa Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Bantulر .UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Agustin, V. (2013). Perilaku Menyontek Siswa Sma Negeri Di Kota Padang Serta Upaya Pencegahan Oleh Guru Bk. Konselor, 2(1), 71–75. https://doi.org/10.24036/0201321827-0-00 Ajizah, E., & Widiatmoko, M. (2017). Bimbingan Akademik untuk Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa Madrasah Tsanawiyah. Konselor, 6(4), 158. https://doi.org/10.24036/02017648116-0-00 Alexius, A., & Khakim, A. (2019). Analisis Perilaku Menyontek dan Rancangan Perubahannya pada Siswa SMP ( Analysis of Cheating Behavior and Change Design in Junior High School Students ). Intuisi: Psikologi Ilmiah, 11(2), 88– 97. Ananda, R. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 1(1), 19– 31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28 Basyirudin, F. (2010). Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Perilaku Bullying Para Santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Assa’Adah Serang Banten [UIN Syarif Hidayatullah]. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1324/1/FARKHA N BASYIRUDIN-FPS.pdf Cahyo, S. D., & Solicha, S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Menyontek Pada Pelajar Dan Mahasiswa Di Jakarta. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1), 87–96. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8156 Cheung, H. Y., Wu, J., & Huang, Y. (2016). Why do Chinese students cheat? Initial findings based on the self-reports of high school students in China. Australian Educational Researcher, 43(2), 245–271. https://doi.org/10.1007/s13384- 016-0201-z Cholila. (2014). Harga Diri dan Iklim Sekolah Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa SMP Negeri 2 Sleman. Jurnal Psikologi Integratif, 2(2), 50–58. Dewi, S. (2019). Hubungan antara moral reasoning dengan academic dishonesty pada mahasiswa. UIN Sunan Ampel Surabaya. Edwards, A. K. (2019). How Authentic are our Examination Results? Investigating Causality in Cheating Behaviours and Moral Reasoning among Ghanaian Senior High School Students. Education Quarterly Reviews, 2(4). https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.04.101 Farooq, U., Farooq, R., Tabassum, R., & Khan, S. A. (2018). Moral Reasoning Stages of Secondary School Head Teachers of Pakistan. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 6(2), 21–28. Fenderin, H. B., Pratiwi, A. A., & Nurjannah, I. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Mental Se-Jiwaku terhadap Kecemasan dan Perilaku Impulsif Siswa pada Salah Satu SMA di Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Klinis & Komunitas, 5(2), 82–90. Friyatmi. (2011). Faktor-faktor penentu perilaku mencontek di kalangan mahasiswa fakultas ekonomi UNP. TINGKAP, VII(2), 173–188. Gasser, L., & Malti, T. (2012). Children’s and their friends' moral reasoning: Relations with aggressive behavior. International Journal of Behavioral Development, 36(5), 358–366. https://doi.org/10.1177/0165025412448353 Hartono, H. (2018). Keefektifan Konseling Rational Emotive Behavior Untuk Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa Sma. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(2), 117–126. https://doi.org/10.21009/pip.322.4 Hartounian, P. (2018). The Relationship Between Cognitive Moral Development And Attitudes Toward Academic Cheating Of Armenian High School Students At An Armenian Private School In Southern California. Pepperdine University. Hidyat, M. T., & Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Perilaku Sehat. Journal Psikologi, 13 (1), 85–89. Ichsan, I. (2016). Penalaran Moral Mahasiswa Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan dan Pendidikan Orang Tua. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 105–114. http://ejournal.uin�suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1230 Komariah, K. St. (2011). Model Pendidikan Nilai Moral Bagi Para Remaja Menurut Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 9(1), 45–54. Machmuroch, K, T. M. V., & Yusuf, M. (2013). Hubungan antara Moral Judgment Maturitydengan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2, 131–143. Mbokochena, E., Mudzengerere, F. H., & Chikwiri, E. (2014). Exploring the Link between Moral Reasoning and Behavioral Action among Young Children in Zimbabwean. Journal for Educational Studies, 7(August), 1–6. Mujahidah. (2009). Perilaku Menyontek Laki-Laki dan Perempuan: Studi Meta Analisis. Jurnal Psikologi, II(2), 177–199. http://digilib.uin�suka.ac.id/id/eprint/8860 Mukhoyyaroh, T. (2012). Penalaran Moral Remaja Perempuan Ditinjau dari Konformitas dan Lingkungan Tempat Tinggal. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(1), 355–366. Murdianto. (2019). Keefektifan Metode Diskusi Dilema Moral Untuk Meningkatkan Penalaran Moral Peserta Didik. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 01(01), 1–15. Nizaar, M. (2018). Perilaku Mencontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy) Anak Dalam Pembelajaran. Jurnal Elementary, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/elementary.v1i1.140 Nova, V., Fitria, I., & Rifki, M. R. (2020). Dinamika penalaran Moral Remaja yang Mengikuti Mentoring Agama Islam di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 05(02), 195–206. Nurhani, L., Fauzia, R., & Akbar, S. N. (2016). Gambaran Penalaran Moral Pada Remaja Pecandu Narkoba. Jurnal Ecopsy, 2(3). https://doi.org/10.20527/ecopsy.v2i3.1932 Nurmayasari, K., & Hadja, M. (2015). Hubungan Antara Berpikir Positif Dan Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. EMPHATY, 3(1), 355–358. https://doi.org/10.1201/b17006-13 Periyanto, E. (2021). Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. Jurnal Bimbimbingn Dan Konseling Ar-Rahman, 7(1), 25–33. Pudjiastuti, E. (2012). Hubungan “Self Efficacy” dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 103. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i1.344 Pujiatni, K., & Lestari, S. (2010). Studi Kualitatif Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Humaniora, 11(2), 103–110. Putri, M. K. (2019). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya Dan Self Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Smk [Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/33875/ Ridho, E. (2016). Adversity Quotient Dengan Perilaku Menyontek pada Siswa SMP (Vol. 5, Issue 2). Universitas Muhammadiyah Malang. Safrilsyah, S., Yusoff, M. Z. B. M., & Bin Othman, M. K. (2017). Peran Penalaran Moral Dalam Pendidikan Akhlaq Mulia. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 14(2), 156. https://doi.org/10.22373/jim.v14i2.3071 Shara, S. (2016). Hubungan Self-Efficacy Dan Perilaku Menyontek (Cheating) Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 9(1), 98660. https://doi.org/10.35760/psi Suasapha, A. H. (2020). Skala Likert Untuk Penelitian Pariwisata; Beberapa Catatan Untuk Menyusunnya Dengan Baik. Jurnal Kepariwisataan, 19(1), 26–37. https://doi.org/10.52352/jpar.v19i1.407 Suparno. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research And Tought Elmentary School Of Islam Journal, 1(2), 58–67. Taringan, S. K., & Siregar, A. R. (2013). Gambaran Penalaran Moral Pada Remaja Yang Tinggal Di Daerah Konflik. Psikologia: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 8(2), 79–88. https://doi.org/10.32734/psikologia.v8i2.6582 Toifur, T. (2017). Peningkatan Penalaran Moral Anak Melalui Metode Human Modeling Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 12(1), 123–145. https://doi.org/10.24090/yinyang.v12i1.2017.pp123-145 Utami, N. P. (2019). Hubungan Harga Diri dan Religiusitas dengan perilaku Menyontek Pada Siswa. UIN Raden Intan Lampung. Yuniarrahmah, E., & Rachmah, D. N. (2014). Parenting and Moral Reasoning of Adolescent In Madarasah and Public. Jurnal Ecopsy, 1(2), 43–50. Zainal, Huzair. (2015, 5 Mei). UN SMP, Siswa Menyontek hingga Tukar Lembar Jawaban. Diunduh tangal 25 April 2019 dari https://daerah.sindonews.com |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 06:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2022 01:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52279 |
Actions (login required)
View Item |