HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL MAHASISWA PENGURUS PMII UNNES TAHUN 2020
Muchammad Badaruddin, 1301414117 (2021) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN BERORGANISASI DENGAN TINGKAT PERILAKU PROSOSIAL MAHASISWA PENGURUS PMII UNNES TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada dalam organisasi mahasiswa PMII UNNES ditemukan bahwa perilaku prososial mahasiswa pengurus PMII UNNES sudah baik, namun terdapat pengurus dengan tingkat perilaku prososial yang rendah yang dilakukan ketika diluar organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan tingkat perilaku prososial. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini adalah Teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini sampelnya adalah seluruh mahasiswa pengurus PMII UNNES tahun 2020 yang berjumlah 63 mahasiswa. Analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji korelasional Product Moment Pearon. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa keaktifan berorganisasi dan tingkat perilaku prososial mahasiswa secara umum berada pada kategori tinggi serta terdapat hubungan positif yang signifikan dengan darajat korelasi yang kuat antara keaktifan berorganisasi dengan tingkat perilaku prososial mahasiswa pengurus PMII UNNES. Artinya, semakin tinggi tingkat keaktifan mahasiswa maka semakin tinggi pula tingkat keaktifan perilaku prososialnya, dan sebaliknya, semakin rendah tingkat keaktifan berorganisasi mahasiswa, maka semakin rendah perilaku prososialnya. Berdasarkan hasil penelitian terebut, saran yang dapat peneliti berikan bagi jurusan BK yaitu dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk aktif berorgansisasi dengan tujuan untuk meningkatkan perilaku prososial mahasiswa yang notabenenya adalah calon konselor. Sehingga kepekaan sosial calon konselor sudah terlatih sebelum suatu saat terjun dalam masyarakat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Anwar, S. (2013.). Agen Perubahan (Agent of Change). Pusdiklat Bea dan Cukai Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Badu.Q, S., & Djafri, N. (2017). Kepemimpinan dan Organisasi. Gorontalo: Ideas Baron; Branscombe. (2012). Social Pshychology 13th Edition. Pearson Education. Dayakisni dan Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press. Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Devi, A. T., Yusuf, M., & Hardjono, H. (2017). The Relationship Between Sense of Community And Agreeableness with Prosocial Behavior among Member of Young On Top (YOT). Journal of ICSAR, 1(1), 6–12. https://doi.org/10.17977/um005v1i12017p006 Guo, Y. (2017). The Influence of Social Support on the Prosocial Behavior of College Students: The Mediating Effect based on Interpersonal Trust. English Language Teaching, 10(12), 158. https://doi.org/10.5539/elt.v10n12p158 Hafiza, N. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya Dengan Sikap Siswa Terhadap Perilaku Prososial. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(1), 28. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i1.4813 Istiana. (2016). Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial pada Relawan KSR PMI Kota Medan. Jurnal DIVERSITA, 2(2), 1–13. Leny & Tommy. (2014). Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal Keaktifan Berorganisasi dan Kompetensi Interpersonal. March. Luisiria dan Yusra. (2014). Efektifitas Pelatihan Pramuka Peduli untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Remaja di Pondok Pesantren. Jurnal RAP UNP. 1(1), 12-21 Mahmudah, S. (2010). Psikologi Sosial: Sebuah Pengantar. UIN-Maliki Press, Malang. Mussen, Nancy & Einsber, P. H. (2017). The Roots of Prosocial Behavior in Children. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://www.elsevier.com/locate/scp Ngusmanto. (2017). Organisasi Publik. In Pengertian Organisasi Publik (Vol. 2, Issue 5). Mitra Wacana Media. Ndraha, T. (2011). Kybernology. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Permana, T. L., Asmarany, A. I., & Saputra, M. (2019). Empati Dan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Pengguna Kereta Rel Listrik. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.35760/psi.2019.v12i1.1911 Rahajeng, U. W., & Wigati, T. Y. A. (2018). Perilaku Prososial Sebagai Prediktor Status Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 8(2), 124. https://doi.org/10.26740/jptt.v8n2.p124-132 Piff, dkk. (2010). Having Less, Giving More: The Influence of Social Class on Prosocial Bahavior. Jounal of Personality and Social Psychology. 99 (5), 771- 784. Rifa’i dan Fadhli. (2013). Manajemen Organisasi. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Suarni. (2017). Melalui Pendekatan Pembelajaran Pakem Untuk Kelas Iv Sd Negeri 064988 Medan Johor. Journal of Physics and Science Learning, 01(2), 129– 140. Sudjana, N. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru Algessindo. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sukoharsomo, Eko Ganis; Com-Hons, M. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Sutoyo, A. (2014). Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Syafaruddin. (2015). Manajemen Organisasi Pendidikan: Perspektif Sains dan Islam. Tidwell, M. V. (2005). A social identity model of prosocial behaviors within nonprofit organizations. Nonprofit Management and Leadership, 15(4), 449– 467. https://doi.org/10.1002/nml.82 Triyanto, A. D. S., & Puspitadewi, N. W. S. (2013). Prosocial Behavioral Differences Between Active and Inactive Students in Student Organizations in Faculty of Education State University of Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/4595 Twenge, J. M., Ciarocco, N. J., Baumeister, R. F., DeWall, C. N., & Bartels, J. M. (2007). Social exclusion decreases prosocial behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 92(1), 56–66. https://doi.org/10.1037/0022- 3514.92.1.56 Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621 Yunus, A., & Nawawi, W. (2019). Teori Organisasi. Universitas Majalengka |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 06:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 06:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52277 |
Actions (login required)
View Item |