UPAYA ORANG TUA BURUH PABRIK DI DESA BUMIREJO DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH
IKA LULI TASARI, 1201417057 (2021) UPAYA ORANG TUA BURUH PABRIK DI DESA BUMIREJO DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI PADA MASA PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada masa Belajar Dari Rumah (BDR), orang tua harus pandai membagi waktu antara bekerja dan membimbing anak belajar di rumah. Dalam peranannya sebagai motivator, orang tua berkewajiban memberi dorongan kepada anak dalam belajar utamanya, dan dalam semua segi kehidupan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui pelaksanaan program BDR di TK Bhakti Pertiwi Bumirejo, mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap anak, serta mendeskripsikan bagaimana upaya orang tua dalam memotivasi belajar anak. Peneliti melakukan kegiatan penelitian di Desa Bumirejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati, yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai buruh pabrik. Narasumber pada penelitian yaitu orang tua buruh pabrik dengan anak usia dini yang bersekolah di TK Bhakti Pertiwi Bumirejo. Peneliti mengambil narasumber peserta didik di TK Bhakti Pertiwi karena model pelaksanaan pembelajaran dari rumah yang beragam, serta mayoritas orang tua dari peserta didik bekerja menjadi buruh pabrik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini yaitu di Desa Bumirejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati dengan mengambil 9 orang sebagai subjek penelitian atau narasumber, yaitu 2 ayah, 2 ibu yang bekerja sebagai buruh pabrik, 2 anak usia dini, pendidik dan kepala sekolah, serta perangkat desa. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan model analisis Miles and Huberman. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data yang ada pada penelitian lain. Hasil penelitian diperoleh bahwa orang tua buruh pabrik di Desa Bumirejo telah melakukan berbagai upaya dalam memotivasi belajar anak usia dini. Upaya tersebut yaitu: (1) Memberi dorongan dan kata-kata semangat; (2) Menjanjikan hadiah; (3) Memberi banyak perhatian; (4) Tidak melarang kegiatan yang disukai anak; (5) Bertamasya dan membeli makanan kesukaan anak; (6) Mengizinkan anak bermain pada waktu yang lama; (7) Memberi hukuman (ancaman); (8) Memberi pemahaman pada anak bahwa belajar itu penting. Simpulan dari penelitian ini yaitu bahwa upaya yang dilakukan oleh orang tua di Desa Bumirejo dalam memotivasi belajar anak usia dini yaitu memberi dorongan, hadiah, perhatian, bujukan, mengajak bertamasya, tidak membatasi kegiatan bermain anak, memberi hukuman atau ancaman, serta memberi pemahaman tentang makna belajar. Saran bagi pendidik dan orang tua ialah selalu menjaga komunikasi dan meningkatkan peran masing-masing agar pembelajaran dari rumah dapat berjalan dengan semestinya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Abdurrahman, M., & Muhidin, S. A. (2011). Panduan Praktis Pemahaman Penelitian (Bidang Sosial-Administrasi-Pendidikan). CV Pustaka Setia. Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orang tua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. Aisyah, N. (2021). Dinamika Pembelajaran Daring Melalui Belajar Dari Rumah (BDR) Pada PAUD Miftahul Ulum Saat Pandemi Covid 19. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 8(1), 71-84. Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Bias Yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 206-216. Bakti, F. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Sma Negeri 2 Kampar. Riau Education Journal, 1(1), 1-8. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kuallitatif. CV Jejak. Anggraeni, C. S., Hidayati, N., Farisia, H., & Khoirulliati, K. (2020). Trend Pola Asuh Orang Tua dalam Pendampingan Model Pembelajaran Blended Learning pada Masa Pandemi Covid-19. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 97–108. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122. Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Bahri, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Rineka Cipta. Baroroh, S. A., Budiartati, E., & Fakhruddin. (2020). Implementation of Parenting Education in Early Childhood Education Institutions. Journal of Nonformal Education, 6(1), 77–84. Black, M. M., Walker, S. P., Fernald, L. C., Andersen, C. T., DiGirolamo, A. M., Lu, C., ... & Lancet Early Childhood Development Series Steering Committee. (2017). Advancing Early Childhood Development: From Science to Scale 1: Early childhood development coming of age: Science through the life course. Lancet (London, England), 389(10064), 77. Boiliu, F. M. (2021). Peran Orang Tua sebagai Motivator terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 247 – 255. Budiartati, E. (2008). Perkembangan Anak Usia Dini. Bungin, M. B. (2007). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenamedia Group. Bungin, M. B. (2009). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana Prenamedia Group. Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al�Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. Darmayanti, N. W. ., Sueca, I. N., & Utami, L. S. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sd Dusun Buruan Tampaksiring Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(2), 207-210. Dewi, E. A. (2020). Upaya Orang Tua Buruh Pabrik Dalam Membimbing Belajar Anak Di Rumah Saat Masa Pandemi Covid 19. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 1-13. Dewi, P. A. S. C., & Khotimah, H. (2020). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2433–2441. Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta. Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 93-96. Fadlilah, A. N. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 373–384. Farantika, D., & Indrawati, D. (2021). Sistem Pembelajaran Dari Rumah Melalui Model Daring TK Al Muhajirin Kota Malang Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(1), 128-141. Gustian, D., , E., & , E. (2018). Pola Asuh Anak Usia Dini Keluarga Muslim Dengan Ibu Pekerja Pabrik. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 21–34. Harahap, F. I. N. (2018). Pengaruh Hasil Program Parenting Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 3(1), 1–15. Harahap, S. A., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN:, 5(2), 1825–1836. Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo , Kebumen. TASYRI’: Jurnal Tarbiyah-Syari’ah Islamiyah, 2(2), 23–32. Henry, A. R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 297–302. Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Salemba Humanika. Hero, H., & Sni, M. E. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 129–139. Hutami, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal Paudia, 9(1), 126–130. Ibu & Balita. (2021). 8 Tips Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak (Usia Prasekolah). Diakses pada 17 Oktober 2021, dari https://www.ibudanbalita.com/artikel/8-tips-menumbuhkan-motivasi-belajar�anak-usia-prasekolah Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. Joko, S. Y. (2016). Motivasi dan keberhasilan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Agama Kristen REGULA FIDEI, 1(1), 189–212. Kemendikbud. (2020). Panduan penyelenggaraan pembelajaran. Kemendikbud. KEMENDIKBUD. (2020). Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah. Diakses pada 02 Agustus 2021, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/perluas-akses-belajar-di�masa-covid19-mendikbud-luncurkan-program-belajar-dari-rumah Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. Király, O., Potenza, M. N., Stein, D. J., King, D. L., Hodgins, D. C., Saunders, J. B., ... & Demetrovics, Z. (2020). Preventing problematic internet use during the COVID-19 pandemic: Consensus guidance. Comprehensive psychiatry, 100, 152180. KOMPAS.com. (2020). WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global. Diakses pada 02 April 2021, dari https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/12/083129823/who-resmi�sebut-virus-corona-covid-19-sebagai-pandemi�global?page=all#:~:text=WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global,-Kompas.com - 12&text=KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan pola asuh Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Daring Masa Pandemi. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (2) 1. Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. Kusmiati, E., Sari, D. Y., & Mutiara, S. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Disiplin Anak Di Masa Pandemi. Pernik Jurnal PAUD, 4(2), 78– 93. Lestari, K. A., & Fauziah, N. (2016). Hubungan Antara Konformitas Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Di Sma Muhammadiyah Kudus. Jurnal Empati, 5(4), 717–720. Loretha, A. F., Nurhalim, K., & Utsman, U. (2017). Pola Asuh Orangtua dalam Pendidikan Agama pada Remaja Muslim Minoritas di Amphoe Rattaphum Thailand. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 102–107. Luthfi, E., & Ahsani, F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. STAINU Purworejo: Jurnal Al_Athfal, 3(1), 37–46. Monika, & Adman. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226. Morrison, G. S. (2017). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT INDEKS. Nida, A. A., & Kuntari, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(1), 93–105. Nirmala, B., & Annuar, H. (2021). Home Visit : Strategi PAUD dari Rumah bagi Guru di Daerah 3T pada Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1052–1062. Nugroho, P. D. P. (2021). Pati Kembali Berstatus PPKM Level 3, Bupati: Bukan karena Kasus Covid-19 Naik, tetapi. Kompas.Com. Diakses pada 20 Oktober 2021, dari https://regional.kompas.com/read/2021/10/06/205613378/pati�kembali-berstatus-ppkm-level-3-bupati-bukan-karena-kasus-covid-19-naik Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., Atonye, F. G., Sharma, A., & Alsayed, A. O. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11(13), 108–121. Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1– 11. Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101. Putri, Y. L., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(2), 173–184. Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140. Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188- 201. Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2016). Psikologi Pendidikan. UNNES PRESS. Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. QAWWAM: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. Santrock, J. W. (2009). Perkembangan Anak edisi 11. Erlangga. Saputra, H. D., & Ismet, F. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30. Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Sari, D. (2017). PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang: 25 November 2017. 40-43. Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2021). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476–489. Sari, N., & Sunarno, W. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. Sehic, S. (2020). Redefining the Definition of Learning From an Educational Aspect. International Journal of Information Research and Review, 07(06), 6940–6942. Senjawati, R. A., & Fakhruddin. (2017). Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C. Journal of Nonformal Education, 3(35), 40–46. Setianingrum, S., Desmawati, L., & Yusuf, A. (2017). Peranan Kader Bina Keluarga Balita dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Fisik Motorik Anak Usia Dini. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 1(2), 137–145. Shochib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua. Rineka Cipta. Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kemang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID�19). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 35952/MPK.A/HK/2020 Survei Meter. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Anak. Diakses pada 02 Juli 2021, dari https://surveymeter.org/id/node/568#:~:text=UNESCO menyebutkan bahwa pandemi Covid,pendidikan tinggi di seluruh dunia. Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan. Kencana. Sutarto, J., Mulyono, S. E., & Raharjo, T. J. (2017). Design of Training Based on Needs to Improve Pedagogic Competence of the Tutors. Advances on Sosial Science Education and Humanities Research (ASSHER), 66, 102-107. Sutarto, J., Mulyono, S. E., & Shofwan, I. (2021). Determining Factors That Affect the Quality of Process and Training Results of Non-formal PAUD Educators in Indonesia. Ilkogretim Online, 20(2), 228-236. Sutarto, J., Suminar, T., Shofwan, I., Siswanto, Y. & Pamungkas, A. H. (2021). Development of design and teaching material straining: Orientation needs in improving pedagogical competencies. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. Singapore: 7-11 March 2021. 3660-3667. Umam, K. A., & Fakhruddin. (2016). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C. Journal of Nonformal Education, 2(2), 162-167. Umar, H. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Rajawali. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 35 TAHUN 2014. UNICEF. (2020). COVID-19: Laporan baru UNICEF mengungkap setidaknya sepertiga anak sekolah di seluruh dunia tidak dapat mengakses pembelajaran jarak jauh selama sekolah ditutup. Diakses pada 02 Juli 2021, dari https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baru�unicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh. Unjunan, O. P., & Budiartati, E. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di PAUD SEKAR NAGARI UNNES. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(2), 174–189. Uno, H. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara. Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. Warliani, R., & Fauziyyah, S. A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalam Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14(2), 372–377. Weaver, J. L., & Swank, J. M. (2020). Parents’ Lived Experiences With the COVID-19 Pandemic. Family Journal, 20(10), 1-7. WHO. (2020). Coronavirus disease. Diakses pada 02 Juli 2021, dari https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ALeKk01OTDyVzEcBAi WQwdHOLjQRzgwihw%3A1615125180735&ei=vNpEYOupLNLXz7sPw KK1wAU&q=COVID+19+WHO&oq=COVID+19+WHO&gs_lcp=Cgdnd3 Mtd2l6EAMyBQgAEJECMgUIABCRAjIECAAQQzIFCAAQsQMyAggA MgUIABCxAzIICAAQsQMQgwEyAggAMggIABC Widiyati, R., & Budiartati, E. (2020). Motivasi Relawan Rumah Pintar Bangjo Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2), 123–138. Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 131–145. Wiwik, P. (2017). Konsep bermain pada anak usia dini. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106-117. Yanti, N. H. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Mandiri Anak Dimasa Belajar Dari Rumah (BDR). E-Chief Journal (Early Childhood and Family Parenting Journal), 1(1), 1–6. Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. Yulianti, D. (2010). Belajar Sambil Bermain Di Taman Kanak-Kanak (Jakarta). PT Indeks |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 06:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 06:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52274 |
Actions (login required)
View Item |