PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT WARUNG PASINAON DESA BERGAS LOR, KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG


Vincaoxa Dwilufti, 1201415034 (2021) PENGELOLAAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT WARUNG PASINAON DESA BERGAS LOR, KECAMATAN BERGAS, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201415034 - Vincaoxa D. Lufti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Taman Bacaan Masyarakat merupakan sebuah tempat yang menyediakan dan memberikan layanan berupa penyediaan buku, koran, komik, dan bahan multimedia lainnya, dan dilengkapi dengan tempat ruang untuk membaca, diskusi, menulis, maupun kegiatan literasi lainnya yang dimanfaatkan oleh masyarakat umum secara perseorangan, kelompok, maupun kelembagaan, serta didukung oleh pengelola yang berperan sebagai fasilitator. Salah satu lokasi TBM terletak di Desa Bergas Lor, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang yaitu Taman Bacaan Masyarakat Warung Pasinaon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi-fungsi pengelolaan yang dilakukan oleh pengelola. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang ketua pengelola, 1 orang anggota, 2 orang relawan dan 1 orang pengunjung di TBM Warung Pasinaon. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengelolaan yang dilakukan di TBM Warung Pasinaon sudah berjalan dengan baik. Fungsi perencanaan TBM dilakukan dengan melakukan identifikasi kebutuhan untuk menentukan program layanan. Fungsi pengorganisasian TBM dilakukan dengan dibentuknya struktur organisasi yang lengkap. Fungsi pelaksanaan TBM dilakukan dengan menjalankan program-program layanan seperti peminjaman buku dan kelas belajar. Dan fungsi pengawasan TBM dilakukan dengan membuat peraturan�pertauran yang tujuannya untuk menumbuhkan kedisiplinan pengunjung. Disimpulkan secara umum bahwa kegiatan pengelolaan yang dilakukan di TBM Warung Pasinaon sudah berjalan dengan baik walaupun memiliki penghambat pengaruh gadget yang membuat minat menurun. Relasi dan jejaring yang luas menjadi faktor pendukung berjalannya TBM Warung Pasinaon ini. Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil dari penelitian ini yaitu pengelola perlu mengembangkan inovasi agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi, serta perlu menambahkan koleksi buku dan fasilitas agar lebih banyak menarik minat pengunjung

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Amrin. 2011. Cara Praktis Merintis Dan Mendirikan Taman Bacaan Masyarakat. Medan: Pustaka Tbm Mrd. Amin & Sutarto, Joko. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Hidup (Pelatihan Life Skill Computer di Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara Tahun 2015). Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 4. Nomor 2. Arifin, Z. (2015. Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Tegalmanding, Sleman, Yogyakarta. Artikel Jurnal, 53(9), 1689–1699. Arikunto. 2010. Prosedur Pen elitian: Suatu Pendekatan Praktek. Dalam Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (hal. 172). Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, S. 2005. Pengelolaan Kelas Dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Cetakan Keempat. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada. Arumsari, Nurul Rizka. 2017. Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD DIKPORA Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer. Volume 3 (No. 2). Atmosudirdjo, S Prajudi. 1980. Administrasi dan Manajemen Umum Jilid II. Jakata: Ghalia Indonesia. Awaluddin, & Hendra. 2018. Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat Di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako Indonesia, 2(1), 1–12. Batlajery, S. 2016. Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Pada Aparatur Pemerintahan Kampung Tambat Kabupaten Merauke. Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, 7(2), 135–155. Candra Wijaya, D., & Rifa’i, M. 2016. Dasar Dasar Manajemen Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif Dan Efesien. Ciptasari, D. R., & Utsman. (2015). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C “Harapan Bangsa” di UPTD SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Volume 4. Nomor 2. Oktober 2015. Comte, Lyndsay Le and Beverley McClelland. 2017. An evaluation of a leadership development coaching and mentoring programme. Leadership in Health Services. Volume 30 (Issue: 3), pp. 309-329. 100 Daft, Richard L. 2012. Era Baru Manajemen Edisi 9 Buku 2. Jakarta: Salemba Empat. Damayani, Ninis Agustus, dkk. 2017. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat. Volume 6 (Nomer 1). Danial, E. &. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboraterium Pendidikan Kewarganegaraan. UPI. Depdiknas. 2006. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat. Jakarta: Depdiknas. Dwiyantoro, D. 2019. Peran Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara Dalam Menumbuhkan Minat Baca Pada Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 19–32. Fakhruddin. (2011). Evaluasi Program Pendidikan Nonformal. Semarang. Unnes Press. Fattah, N. 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dan Dewan Sekolah. Bandung: Cv Pustaka Bani Quraisy. Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE�Yogyakarta. Handoko, S. D., & Rifa’i, Achmad. 2014. Penyelenggaraan Program di Pos PAUD Cinta Ibu di Desa Pangempon Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Journal of Non Formal Education and Community Empowerment. Vol 3. No 2. Universitas Negeri Semarang. Hardjono, Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2016). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasis Life Skills Dan Kewirausahaan. Edukasi Universitas Negeri Semarang, 1(2). Hartika, Yuriza. 2016. Sosialisasi Taman Bacaan Masyarakat Di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol. 3 No. 1 – Februari 2016. Hasibuan, M. 2008. Manajemen Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta: Pt Bumi Aksara. Hidayat, Dayat. 2016. Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Meningkatkan Hasil Program Pendidikan Nonformal Di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Education. Vol.2 No.1 Holik, A. 2013. Peran Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sudut Baca Soreang 101 Dalam Meningkatkanminat Baca Masyarakat Di Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 55. Kebudayaan, K. P. P. K. P. Dan. 2019. Indeks Akivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Badan Penelitian Dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Kementrian Pendidikan Nasional Dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda. Direktorat pendidikan Masyarakat. 2006. Pedoman Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. Kemendikbud. 2013. Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, Dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaanrintisan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Ditjen Paudni. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Jurnal Akrab Aksara Agar Berdaya Membangun Budaya Literasi Volume VII Edisi 1. Jakarta: Kemendikbud Khoiruddin, Arif, Imam Taulabi dan Ali Imron. 2016. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini di Taman Baca Masyarakat. Journal An-nafs. Volume 1 (No. 2). Kisworo, Bagus. 2017. Monitoring dan Supervisi Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Semarang: UNNES Press. Learning Output of Equivalent Education. Advance in social science, education and humanities research (ASSEHR). VOLUME 88 3rd NFE conference on lifelong learning (NFE 2016). 10: 91. Martoyo, S. 2008. Pengetahuan Dasar Manajemen Dan Kepemimpinan. Yogyakarta.: Bpfe. Moleong, L. J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Moleong, L. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nawawi, H. H. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang. Kompetitif, Cetakan Ke-7,. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Ninis Agustus Damayani. 2017. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Di Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(1), 57–61. Nugroho. 2003. Good Governance. Bandung.: Mandar Maju. Nugroho, W. A. 2018. Jateng Terus Tingkatkan Minat Baca Semua Kalangan 102 Masyarakat. Retrieved From Antaranews.Com Website: Https://Jateng.Antaranews.Com/Berita/197396/Jateng-Terus-Tingkatkan�Minat-Baca-Semua-Kalangan-Masyarakat Puspita, Amanda Sandra dan Sri Ati. 2013. Pengaruh Taman Bacaan Masyarakat Warung Pasinaon Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat Di Desa Bergas Lor. Jurnal Ilmu Perpustakaan. Volume 2 (Nomor 4), hlm 1-9. Qalyubi, S. Dkk. 2007. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Universitas Fakultas Adap Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rahayu, Sari. 2019. Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol.4 No.2 Hlm. 164-174. Rahman, Fiqi Barizul dan Malta Nelisa. 2018. Penerapan Program Kreatif di Taman Bacaan Masyarakat Komunitas Togok di Kelurahan Ganting Kota Padang Panjang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Volume 7 (Nomor 1), Seri D. Roekminiati, Sri dan Fitria Ayuningrum. 2016. Implementasi Ketersediaan Penyelenggaraan Layanan Perpustakaan, Taman Bacaan Atau Sudut Baca Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Administrasi. Jilid 13, hlm 209-228. Sabarguna, B. S. 2011. Buku Pegangan Mahasiswa Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto. Saepudin, Encang, Sukaesih dan Agus Rusmana. 2017. Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bagi Anak-Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Volume 5 (Nomor 1). Salman, Abdulsalam Abiodun, Janneke Mostert and Tinashe Mugwisi. 2018. The governance and management of public library services in Nigeria. Library Management. Volume 39 (Issue: 6-7), pp. 389-401. Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu. Setiawan, F. 2016. Analisis Perencanaan Proses Suksesi Bisnis Keluarga Pada Pt Xyz Group. Agora, 4(1), 736–747. Siswanto. 2013. Membangun Motivasi Belajar Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES Press. Sitepu, B. P. 2012. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Developing Community Reading Centers ( Crc ) As A Learning Resources Center. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 7(1). 103 Stranger-Johannessen, Espen, Marlene Asselin, and Ray Doiron. 2015. New perspectives on community library development in Africa. New Library World. Volume 116 (Issue ½), pp. 79 – 93. Sudjana S, Djudju. 2000. Manajemem Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production. Sudjana, D. 2007. Sistem Manajemen Pelatihan Teori Dan Aplikasi. Bandung: Falah Production Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Dalam sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (hal. 32). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Dalam Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (hal. 145). Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikanpendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sutarno, N. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Sagung Seto Sutarto, Joko. 2008. Identifikasi Kebutuhan Dan Sumber Belajar Pendidikan Nonformal. Semarang: UNNES Press.( Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish Sutarto, Joko. 2017. Determinant Factors of The Effectiveness Learning Process and Learning Output of Equivalent Education. Advance in social science, education and humanities research (ASSEHR). VOLUME 88 3rd NFE conference on lifelong learning (NFE 2016). 10: 91. Sutomo. 2016. Manajemen Sekolah. Semarang. Unnes Press. Terry, George R. Prinsip-Prinsip Manajemen. Diterjemahkan oleh J. Smith. D.F.M. 2003. Jakarta: PT. Bumi Angkasa Terry, G. R. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen Cetakan 10,. Jakarta: Bumi Aksara Terry, G. R. 2012. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Utsman. 2016. Evaluasi Potensi Kelompok Belajar Paket B untuk menunjang Wajib Belajar 9 Tahun. Journal of Nonformal Education. Volume 2. Nomor 2. Februari 2016. Wagiran. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Teori dan Implementasi). Yogyakarta: Deepublish. 104 Yanto, Andri, Saleha Rodiah dan Elnovani Lusiana. 2016. Model Aktivitas Gerakan Literasi Berbasis Komunitas di Sudut Baca Soreang. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan. Volume 2 (Nomor 1), hlm 107-118
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 25 Oct 2022 01:53
Last Modified: 25 Oct 2022 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52242

Actions (login required)

View Item View Item