Pembinaan Nilai-nilai Perjuangan Rakyat Purwodadi Pada Masa Revolusi Oleh Guru Mata Pelajaraan Sejarah SMA Negeri di Grobogan
Yupa Setiyawan , 3101407041 (2011) Pembinaan Nilai-nilai Perjuangan Rakyat Purwodadi Pada Masa Revolusi Oleh Guru Mata Pelajaraan Sejarah SMA Negeri di Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Pembinaan Nilai-nilai Perjuangan Rakyat Purwodadi Pada Masa Revolusi Oleh Guru Mata Pelajaraan Sejarah SMA Negeri di Grobogan)
- Published Version
Download (61MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pembinaan nilai-nilai perjuangan oleh guru sejarah pada masa revolusi di SMA Negeri Grobogan. Pada era globalisasi, nilainilai perjuangan siswa sebagai generasi muda mengalami kemunduran atau mulai dilupakan. Banyak siswa yang sudah melanggar tata tertib sekolahan, membuang sampah tidak pada tempatnya, bertingkahlaku kurang sopan seperti tidak menghormati orang yang lebih tua, gotong-royong yang mulai sulit dijumpai karena individualistis yang mementingkan diri sendiri, kejujuran yang pada jaman sekarang sudah sangat sulit untuk dijumpai. Hal ini tidak terlepas dari pengaruh negatif globalisasi dan kebudayaan barat yang terbuka dan masuk di Indonesia. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana guru sejarah melakukan pembinaan nilai-nilai perjuangan rakyat Purwodadi pada masa revolusi Indonesia kepada siswa SMA Negeri di Grobogan yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru sejarah; Kendala apa yang dihadapi guru sejarah dalam pembinaan nilai-nilai perjuangan rakyat Purwodadi pada masa revolusi kepada siswa SMA Negeri di Grobogan dengan tujuan untuk mengetahui kendala yang diterima guru dalam pembinaan nilai-nilai perjuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yang pertama dari data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan guru dan hasil angket dari siswa yang dipilih secara acak. Kedua adalah data sekunder yang di peroleh dari buku-buku. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi dokumen, dan angket atau kuesioner. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi data. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model spradley dengan analisis domein, analisis taksonomi, analisis komponen, analisis tema yang selanjutnya direkontruksi dan ditarik kesimpulan umumnya. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah dalam pembinaan nilai-nilai perjuangan rakyat Purwodadi, guru menyisipkan materi dengan menceritakan sejarah lokal di daerah Grobogan sendiri yang dapat membuat siswa memiliki kebanggaan terhadap daerah Grobogan. Kedua, kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembinaan nilai-nilai perjuangan rakyat Purwodadi pada siswa adalah pengaruh negatif tentang globalisasi siswa yang masih mudah terombang-ambing, sehingga mampu merubah perilaku siswa mengarah ke hal-hal yang negatif. Bagaimana agar nilai-nilai perjuangan tersebut tidak hilang ketika pulang sekolah. Cara mengatasi kendala tersebut guru harus saling share dengan orang tua siswa sehingga orang tua dapat memberikan contoh yang baik di lingkungan keluarga.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saran yaitu guru harus selalu memberikan pembinaan nilai-nilai perjuangan pada siswa agar siswa mempunyai jiwa nasionalisme; guru harus mampu menggunakan metode yang bervariasi sehingga siswa tidak mudah bosan dengan pelajaran sejarah; guru menggunakan metode yang didalamnya dapat juga disertakan materi dan penjelasan mengenai nilai-nilai perjuangan rakyat Purwodadi pada masa revolusi; guru harus mampu menguasai dalam segala pengetahuan tentang materi yang akan diberikan kepada siswa seperti memberikan tafsiran tentang sejarah lokal, sikap guru sebagai panutan dengan bersikap sesuai dengan kehidupannya, serta ketrampilan yang menjadikan pelajaran sejarah tidak membosankan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Nilai-Nilai Perjuangan, |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Oct 2011 08:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5223 |
Actions (login required)
View Item |