PROFIL KOMPETENSI PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL DI SMP N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
DEFANIA ARKAROMAH, 1102416073 (2020) PROFIL KOMPETENSI PENDIDIK DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN PADA ERA NEW NORMAL DI SMP N 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kebijakan work at home selama masa pandemi COVID-19 dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan mengakibatkan tidak optimalnya proses pembelajaran secara daring/luring karena kesiapan dari guru maupun siswa kurang sehingga diperlukan kompetensi guru yang relevan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru yang meliputi kompetensi mendidik (educational competence), kompetensi globalisasi (competence in globalization) dan kompetensi konselor (conselor competence); dan mengetahui proses pembelajaran daring di era New Normal pada SMP N 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan Kepala Sekolah, Wakakurikulum, guru dan siswa siswi SMP N 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga aktivitas yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) profil kompetensi guru SMP N 1 Tengaran dalam melaksanakan pembelajaran di era new normal berupa guru sudah memiliki kompetensi mendidik yang baik namun penguasaan kompetensi globalisasi dan kompetensi konselor belum optimal dikarenakan guru menghadapi hambatan dalam berkomunikasi dengan siswa, kurang menguasai bahasa asing dan kurang mampu mengekplorasi, memahami serta mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa selama pandemi covid 19 baik masalah psikologis maupun masalah belajar siswa. (2) Penerapan pembelajaran di era New Normal pada SMP N 1 Tengaran dibedakan menjadi dua yaitu daring dan luring 2 minggu sekali dengan durasi waktu 20 menit. Simpulan penelitian yaitu guru SMP N 1 Tengaran sudah menguasai kompetensi mendidik namun belum menguasai kompetensi globalisasi dan kompetensi konselor. Saran penelitian yaitu Kepala Sekolah hendaknya membuat kebijakan dengan memberikan pelatihan-pelatihan bagi guru agar mampu meningkatkan kompetensinya terutama kompetensi globalisasi dan konselor yang masih rendah
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Additional Information: | Abdullah, R. 2016. Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, Vol 4(1): 35–49 Adrian, Yudha. 2019. Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan.Vol 4, No 2: 175 – 181. Ahmad, Iqbal Faza. 2020. Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia. Jurnal Pedagogik, Vol. 07 No. 01: 195-222. Agusminarti et all. 2020. Challenges of Implementation of Learning Policy from Home in The Covid-19 Pandemic Period in the State Elementary School of Rengat City. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol. 21 Issue. 2: 196-200 Agusven, Tubel Et All. 2019. The Influence Of Industrial Revolution 4.0 On The Competence Of Stie Pembangunan Tanjungpinang Students. International Journal Of Recent Technology And Engineering (Ijrte), Volume-8 Issue-3: 869-873 Albantania, Azkia Muharom. 2019. Teaching Arabic In The Era Of Industrial Revolution 4.0 In Indonesia: Challenges And Opportunities. Asean Journal Of Community Engagement, Volume 3, Number 2: 197-213. Aliyyah, Rr. 2020. Guru Berprestasi: Penguatan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sosial Humaniora.Volume 11 Nomor 1:59-64. Arifa, Fieka Nurul. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis. Vol 12 (7): 13-18 Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Alis, N., Jaafar, W.M.W., & Ayub, A.F.M. 2018. Promoting Counseling Competence Using Self-Reflection. Matec Web Of Conference 150. Kuala Lumpur: Edp Science Basilaia, Giorgi. 2020. Transition To Online Education In Schools During A Sars�Cov-2 Coronavirus (Covid-19) Pandemic In Georgia. Pedagogical Research, Vol 5, Issue 4: 1-10. Collie, R. J., Shapka, J. D., & Perry, N. E. (2011). Predicting Teacher Commitment: The Impact Of School Climate And Social–Emotional Learning. Psychology in the Schools, Vol 48(10): 1034–1048. Daheri, Mirzon. 2020. Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu. Volume 4 Nomor 4:775 - 783 Dahlan, Zaini. 2017. Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru Bk Sebagai Konselor Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Global. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling. Vol. 7, No.1: 12-27. Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.Volume 2 Nomor 1: 55-61. El Fahmi, Roni. 2020. Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Di Sma Negeri 3 Seunagan. Jurnal Bionatura. Vol 1 (3): 45-52 Firman & Sari. 2020. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Educational Science (IJES), Volume 02 No 02: 1-14 Fitriyah, Riskha Nur. 2019. Pengembangan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Pendidikan Dan Pelatihan. Prosiding Sendi_U. Vol 1, No.1: 359-464. Fuadi, Tuti Marjan. 2019. Era Indrustri 4.0: Peran Guru Dan Pendidikan. Semdi Unaya. Vol 1, No 1: 979-988. Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellphones, Smartphones & Social Media. Internet and Higher Education. Vol. 19: 18-26 Handarini, Oktafia Ika dan Wulandari, Siti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Volume 8, Nomor 3:496-503 Hastuti, Tri Ani. 2019. Implikasi Profesionalisme Guru Untuk Pembelajaran Berorientasi Berfikir Tingkat Tinggi (Hots) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes:875-880 Hazami, Lalu Abdul Razak et all. 2020. An Analysis of Pedagogical Instabilities in the Non-Government Teachers (GTTs). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU). Vol 7, Issue 11:107-111. Helaluddin Dan Hengki Wijaya. 2019. Pengembangan Kompetensi Pendidik Di Perguruan Tinggi Dalam Menyonsong Era Revolusi Industri 4.0”. Prosiding Seminar Nasional Pangan, Teknologi, Dan Entrepreneurship: 1-8 Ibrahim, Mohd Yusri. 2019. Communication Skills: Top Priority of Teaching Competency. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research. Vol. 18, No. 8, pp. 17-30 Ihsan, Muh et all. 2020. The Effect of the everyoneis a Teacher here Learning Strategy on the Learning Outcomes of Programming Algorithms Course. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Volume-8 Issue-5:1786-1789 Imania, Kuntum An Nisa. 2019. Hybrid Learning Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Era Industri 4.0. Jurnal Petik (Jurnal Pendidikan teknologi Informasi dan Komunikasi), Volume 5, Nomor 2: 30-35. Indrawan, Irjus. 2019. Profesionalisme Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Al-Afkar, Vol 7, No 2: 57-80 Jayachithra, J. 2020. Information and Communication Technology in Teaching and Learning: Perspectives on E-Learning at Higher Education Leve. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Volume-8 Issue-5: 4084-4086 Jayanti, Astri Dwi. 2019. Membangkitkan Kompetensi Ir 4.0. Pada Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Singkat Pemanfaatan Digital. Jurnal Pendidikan, Volume 20, Nomor 2: 147-156 Karlina, Dety Amelia. 2020. Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Karya Tulis Ilmiah Untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pasca Dharma Pengabdian Masyarakat. Vol 1, No 1: 6-9. Lase, Delipiter. 2019. Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann Jctes Science For Society. Vol 1 (1): 28-43 Levan, Metreveli. 2021. Distance Learning in Medical Education: COVID-19 Pandemic - Contingency Plan or a Paradigm Shift?. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol. 27 Issue. 1: 76-82 Lubis, Metha. 2019. Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. Eduka: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis Vol. 4 No. 2: 68-73. Lubis, Syibrina Jihan. 2018. Pendidikan Dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Vol 2 Tahun 2018, hal 601 – 603. Madjid. 2016. Pengembangan Kinerja Guru Melalui Kompetensi, Komitmen Dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru Marginingsih dan Syaifudin, Makmun. 2021. The Effect of Online Learning during Covid19 on Students„Performance on Reading Skill. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol. 24 No. 2, 491-496 Melania, E. P. 2020. Pembelajaran Daring, Apakah Efektif Untuk Indonesia. Kompas Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mukhamedova G.R et all. 2021. On the Professional Competence of a Mathematics Teacher. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU). Vol 8, Issue 5:571-577. Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal Of Islamic Education, Vol. 2, No. 1: 1-12 Murhima A. Kau. 2019. Teacher Competence in Developing Creativity Elementary School Students. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT), Volume-9 Issue-2:5276-5280 Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Najeemah M Yusof. 2012. School climate and teachers‟ commitment: A case study of Malaysia. International Journal of Economics Business and Management Studies, Vol 1(2): 65–75. Noor, Fu‟ad Arif. 2019. Kompetensi Pendidik Mi di Era Revolusi Industri 4.0. Elementary Jurnal. Vol. 7 No. 2: 252-278. Novita, Diana. 2020. Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Researchgate. Vol 1, No 1: 1-12. Nuryani, Danik. 2019. Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang: 224-237 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah Purwanto, Agus. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Edupsycouns (Journal Of Education, Psychology And Counselling), Vol 2, No 1: 1-12 Putria, Hilna. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Research & Learning In Elementary Education, Vol 4, No 4: 861-872. Qusthalani. 2016. Pendidikan Tanpa Kerta Abad 21. Jakarta: Guepedia Publisher Raddana, 2013. Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sma Negeri Di Nusa Tenggara Barat (Ntb). Dia, Jurnal Administrasi Publik, Vol. 11, No. 2: 226 – 236. Rahayu, Bekti. 2018. Generasi Guru Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Kasus Pada Guru Sekolah Dasar Di Bogor Timur). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD –Universitas Pakuan, Hlm:128-129 Resnawati, Ai et all. 2020. Swot Analysis of Teacher‟s Professional Competency. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol 20, Issue 1:17-25. Retnaningsih, Duwi. 2019. Tantangan Dan Strategi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional : Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir Hotel: 23-30 Rohmah, Nafilatur. 2019. Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal Pgmi, Volume 2 Nomor 2: 128-134. Sadikin, Ali. 2020. Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Volume 6, Nomor 02: 214-224 Sagala, Syaiful. 2011. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Sasmoko, Isworo Pujotomo et all. 2019. Performance of Industrial Revolution-Base Lecturers 4.0. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE). Volume-7, Issue-6S5, 1582-1584 Sedana, I Made. 2019. Guru Dalam Peningkatan Profesionalisme, Agen Perubahan Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 5, No 2: 179-189. Sharma, Priya. 2019. Digital Revolution Of Education 4.0. International Journal Of Engineering And Advanced Technology (Ijeat) Issn: 2249 – 8958, Volume-9 Issue-2: 3558-3564. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Supandi, Agus. 2020. Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia:1-6 Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Suryosubroto. 1990. Tatalaksana Kurikulum. Jakarta : Rineka Cipta Syah, Nurhasan et all. 2020. Implementation of Practice Learning During the Covid-19 Pandemic. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), Volume-9 Issue-2: 1184-1188. Thien, L. M., Abd Razak, N., & Ramayah, T. 2014. Validating Teacher Commitment Scale Using A Malaysian Sample. SAGE Open, Vol 4(2): 1–9. Tria, Jose .Z. 2020. The Covid-19 Pandemic Through The Lens Of Education In The Philippines: The New Normal. International Journal Of Pedagogical Development And Lifelong Learning. Vol 1, Issue 1: 1-5 Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Wahyudi. 2012. Sertifikasi Dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: Alfa Beta. Wardinur. 2019. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Di Man 1 Pidie. Jurnal Sosiologi Usk. Volume 13, Nomor 2: 167-182. Wahyono, Poncojari. 2020. Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. Vol 1 (No 1), 51-65 Yamin, Martinis Dan Bansu I Ansari. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press Yuniani, Armelia. 2019. Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Fisika di SMA. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains Vol (2) No (1): 18-24 Zacharo, K., Marios, K., & Dimitra, P. 2018. Connection of teachers‟ organizational commitment and transformational leadership. A case study from Greece. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, Vol 17(8): 89–106 Zein, M. 2016. Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Journal UIN�Alauddin. Vol 5(2): 274–285. Zulfakar. 2020. Competence of Teachers as Professional Educators. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU). Vol. 7, No. 8: 508-516 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:54 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52218 |
Actions (login required)
View Item |